Jelang Tahun Politik, Iyos Minta ASN Pemkab Sukabumi Jaga Netralitas

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat kegiatan Roasting di Desa Cicareuh Kecamatan Cikidang, Sukabumi.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, mngingatkan para ASN di lingkungan Pemda Sukabumi, untuk bisa menjaga netralitas menjelang tahun politik Pemilu 2023-2024 mendatang.

Menurutnya saat ini tahapan pemilu sedang berlangsung di kabupaten Sukabumi. Bahkan sejumlah calon baik presiden ataupun anggota legislatif, DPRD, DPRD Provinsi dan DPR RI sudah bermunculan dan memasang baliho di sejumlah titik.

Baca juga:  Jelang Pilkada Serentak, Ini Pesan Wabup Dihadapan Para Camat

Menurut Iyos sebagai ASN pemerintah kabupaten Sukabumi dalam mengahadapi pemilu sebaiknya berjalan normatif tidak ikut dalam kampanye ataupun menyuarakan salah satu calon.

“Saya minta ASN di kabupaten Sukabumi ikut normatif saja. Jadi ASN tidak boleh ikut kampanye. Ya karena ASN itu kan, harus netral. Kita harus bisa menjunjung tinggi netralitas,” kata¬† Iyos, Jumat, 21 Juli 2023.

Baca juga:  Wbup Terima Kunjungan Apindo Kabupaten Sukabumi, Bahas ini

“Tidak hanya itu, kemudian juga biar pemilu ini berjalan dengan baik dan lancar, ASN harus diam tidak boleh ikut kampanye,” sambungnya.

Iyos menegaskan sejauh ini dalam mengahadapi pemilu pihaknya mengklaim belum mendapat laporan adanya ASN di lingkungan pemerintah kabupaten Sukabumi yang tidak netral ataupun mempromosikan salah satu calon baik presiden atau legislatif.

Baca juga:  Gerebek Vaksinasi Lansia Puskesmas Gunungguruh, Ini Persentasinya

“Kalau terjadi ASN tidak Netral di kabupaten Sukabumi, tindakan sesuai dengan aturan saja, yang menindak ada bawaslu, kemudian juga di internal juga ada Inspektorat,” jelasnya.

“Sejauh ini saya belum mendapat info soal ASN mendukung salah satu calon, kita akan terus pantau telusuri yang paling penting dan jelas bahwa ASN itu harus netral,” pungkasnya.

Pos terkait