Leuwi Bunder Surade, Potensi Wisata yang Perlu Polesan

FOTO: Keindahan Leuwi bunder objek wisata lokal yang ada di desa Buniwangi Kecamatan Surade.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Selain Pantai Minajaya, ternyata ada satu potensi yang di miliki Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, yakni pemandian Leuwi Bunder. Objek wisata favorit warga lokal tersebut berlokasi di Kampung Sindang Rasa RT 19/13.

Leuwi Bunder kekinian ramai dibicarakan setelah Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis ) Minajaya Beach mengunggah di grup Whatshapp nya. Dan, informasi didapat, objek wisata Leuwi Bunder kini sedang dibidik Pokdarwis Minajaya Beach untuk dipoles dan “dijual” ke publik.

Baca juga:  Wabup Iyos Usulkan Abah Asep Untuk Raih Penghargaan Kalpataru Founder Desa Wisata Hanjeli

Leuwi Bunder memiliki luas 20 X 15 meter, dengan kedalaman 80 cm hingga 8 meter. Ketersediaan air Leuwi Bunder cukup terjaga, dan bersumber dari mata air.

“Leuwi Bunderkini mulai dikenal. Setiap hari ada saja yang berenang disini. Alhamdulilah walaupun kemarau lama air disini tetap terjaga, ini kan dari mata air,” tutur Hasbulloh haz, ketua pemuda setempat yang juga sebagai pengelolanya.

Baca juga:  Resmikan Curug Sodong, Bupati: Wisata Harus Representatif

Untuk menikmati jernihnya air dengan berenang di Leuwi Bunder ini tidak dipungut biaya alias gratis. Jernihnya air dibawah rimbun pepohonan akan membuat pengunjung ketagihan untuk datang lagi ke objek wisata lokal tersebut.

Warga lokal saat berada di lokasi objek wisata lokal leuwi Bunder.| ist

Untuk bisa sampai ke Leuwi Bunder, bisa ditempuh dari pertigaan jalan propinsi di Kampung Cibungur, satu jalur ke Pantai Minajaya. Dari pertigaan Cibungur kira kira 1 kilo meter masuk ke jalan desa menuju kampung Sindang Rasa. Kondisi jalan menuju objek wisata Leuwi Bunder sebagian belum beraspal.

Baca juga:  Kapolres Sukabumi Tegas Pada Wisatawan Bandel

Potensi yang dimiliki Leuwi Bunder perlu diberdayagunakan. Disini perlu hadir campur tangan pemerintah. Jika dipoles dan dikelola secara profesional bukan tak mungkin Leuwi Bunder akan jadi objek wisata bernilai jual.

Pos terkait