5 Rekomendasi Pantai di Sukabumi yang Menawan, Salah satunya Pantai Pandan

FOTO: Pantai Taan Pandan, destinasi wisata yang ada di Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi. Sukabumi Selatan.| dok. Jajang S

LINGKARPENA.ID | Sedikitnya ada tujuh pantai di Sukabumi Selatan ( Pajampangan ) yang direkomendasikan menjadi tujuan wisata bahari menjanjikan. Ke tujuh pantai tersebut berada di dua kecamatan, Surade dan Ciracap.

Pantai Karangbolong

Pantai Karangbolong atau Cicaladi terletak di Desa Sukatani Kecamatan Surade. Akses ke kawasan tersebut meskipun sebagian jalannya belum beraspal tapi aman dan mudah ditempuh. Dari kota kecamatan hanya berjarak 10 kilometer.

Pantai dengan deburan ombak yang khas membuat Karangbolong semakin banyak dikunjungi wisatawan. Objek wisata tanpa tiket masuk alias gratis ini punya karakteristik sendiri. Deburan ombak menghantam tebing melahirkan lantunan suara alam yang mengagumkan.

Pantai Mandala Ratu

Pantai Mandala Ratu terletak di Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade. Secara geografis letak Pantai Mandala Ratu satu hamparan dengan Pantai Karangbolong.

Baca juga:  Wabup Iyos Audensi Bersama Media Group Bahas Kerjasama Event di Kawasan Ciletuh Sukabumi

Kini Pemdes Cipeundeuy tengah menata kawasan Pantai Mandala Ratu untuk siap dijual ke wisatawan juga siap bersaing dengan objek wisata lain di Kabupaten Sukabumi.

Berkunjung ke Pantai Mandala Ratu tidak dipungut biaya alias gratis. Kedepannya pantai Mandala Ratu akan menjadi buruan para pengunjung, dimana saat ini Pemdes Cipeundeuy sedang menata dan melengkapi fasilitas penunjangnya.

Pantai Minajaya

Keberadaan objek wisata ini sudah lama dikenal dan menjadi salah satu tujuan wisata warga lokal. Minajaya sedikit lebih awal dikenal dibanding objek wisata Pantai lainnya di Pajampangan.

Berkunjung ke Minajaya tidak terlalu sulit. Infastruktur menuju ke sana sudah cukup bagus. Di kawasan objek wisata tersebut kini sudah ada sarana penunjang wisata yang representatif. Ada beberapa penunjang yang siap memanjakan pengunjung, antara lain gedung pertemuan, tenda glamping, panggung terbuka, jogging track, lahan parkir, dan spot Poto.

Baca juga:  Pulau Keris di Pantai Selatan Sukabumi Menyerupai Luk Keris, Ini Menurut Ceritanya!

Pantai Karanggantungan

Objek wisata Karanggantungan terletak di Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, tepatnya bersebelahan dengan komplek Satuan Radar (Satrad) Cibalimbing.

Karanggantungan sering disebut sebut sebagai Tanah Lot nya Sukabumi. Ini beralasan, karena alam yang dimiliki objek wisata tersebut mirip dengan Tanah Lot Bali.

Kedepannya Karanggantungan akan menjadi objek wisata andalan Desa Pasiripis setelah Minajaya. Kedua objek wisata pantai tersebut memang berada di wilayah Desa Pasiripis.

Untuk menjual Karanggantungan perlu keberanian Pemdes Pasiripis. Pasalnya, disana ada yang harus dibenahi dan ditangani, yakni masalaha infastruktur dan Tatakelolanya. Diketahui, jalan menuju ke objek wisata Karanggantungan , sepanjang 2 kilometer belum diaspal, jalan berbatu. Tapi pengunjung tak perlu ragu pasalnya disana ada pengelolanya yang siap antar jemput dengan kendaraan roda dua.

Baca juga:  Desa Cipeundeuy Geliat Benahi Objek Wisata Ratu Mandala
Foto: Pantai Taman Pandan destinasi wisata Sukabumi Selatan.| Jajang S

Pantai Taman Pandan

Objek wisata yang satu ini terletak di Desa Cikangkung Kecamatan Ciracap. Objek wisata Taman Pandan bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat dan dua. Akses jalan menuju ke sana cukup bagus. Dari jalan propinsi ruas Surade – Ujunggenteng sekitar 500 meter.

Pantai Taman Pandan kini menjadi tempat favorit warga lokal, terutama kalangan muda. Senja hari menjadi waktu yang dipilih pengunjung. Tak heran jika menjelang senja banyak anak muda yang datang ke tempat tersebut hanya untuk sunset an sambil berpoto ria.

Pos terkait