Jagokan Potensi UMKM dan Pariwisata, Camat Gunungguruh: Bersama Kita Bisa

Kantor Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi.

LINGKARPENA.ID – Kecamatan Gunungguruh satu dari 47 Kecamatan yang berada di Kabupaten Sukabumi yang mempunyai potensi UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) serta Pariwisata yang menjanjikan.

Kecamatan ini mempunyai luas wilayah 2.403,183 Ha yang terdiri dari Sawah : 609,09 Ha, Tanah Kering/ pekarangan/ Tegal/ Ladang/ Huma : 712,43 Ha, Tanah Basah/ Tambak/ Rawa/ Balong : 50,15 Ha, Tanah Hutan : 172,7 Ha dan Tanah Fasum/ Fasos : 84,68 Ha.

Di bagian utara, Kecamatan Gunungguruh berbatasan dengan Kecamatan Cisaat, di bagian Selatan berbatasan dengan Kecamatan Cikembar dan untuk wilayah Barat berbatasan dengan Kecamatan Cicantayan, sementara untuk bagian timur berbatasan dengan dua Kecamatan yakni Kecamatan Nyalindung dan Lembursitu (Kota Sukabumi).

Dari data statistik yang ada, diketahui jumlah total desa yang ada di Kecamatan ini sejumlah 7 Desa antara lain : Desa Gunungguruh, Cibolang, Cibentang, Mangkalaya, Cikujang, Sirnaresmi dan Kebomanggu. Dari keseluruhan desa yang ada terdapat 29 kedusunan, 309 RT dan 87 ke-RW-an.

Kantor Kecamatan Gunungguruh terletak di tengah Jantung wilayah beralamat di Jl. Pajajaran II KM 5 Gunungguruh dengan Telp/ Fax (0266) 239094 Kabupaten Sukabumi dengan Kode Pos 43156.

Baca juga:  Kepala UPTD PSM dan Perwapas Sambut Baik Sidak Satgas Pangan

Camat Gunungguruh, Drs.Asep Suhenda kepada Lingkarpena.id menuturkan Visi “Terwujudnya Masyarakat Gunungguruh yang Religius dan Mandiri” serta didorong Misi “Mendorong Terwujudnya Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih serta Meningkatkan Profesionalisme Aparat Kecamatan Gunungguruh”.

Asep Juga menyampaikan Motto Pelayanan Prima untuk semua, lengkap persyaratannya, cepat prosesnya, tepat waktunya dan puas pelayanannya.

“Kita bisa melaksanakan itu semua tentu saja dengan dukungan semua pihak, saling memberikan dorongan dan input membangun bagi kemajuan seluruh masyarakat Kecamatan Gunungguruh. Kepada semua Kades saya mengintruksikan hal yang sama,” ujar Camat Gunungguruh mengawali sesi wawancara ekslusive-nya.

Menurut Drs.Asep Suhenda, Kultur UMKM di Wilayah Kecamatan Gunungguruh sudah turun temurun, khususnya sentra Industri Kecil Bata Merah dan genting serta Industri Meubel.

“Potensi pertanian juga ada, bahkan untuk perkebunan manggis disini sudah ada sejak lama. Tapi yang sudah turun temurun selain pertanian dan perkebunan adalah potensi industri kecil pembuatan bata merah dan genting serta meubel, sudah cukup terkenal sampai ke luar wilayah Kabupaten Sukabumi bahkan ke luar pulau Jawa,” cetusnya.

Camat Gunungguruh juga membahas bab potensi pertambangan yang ada dan sedang dalam proses peningkatan sinergisitas dengan warga sekitar agar terjalin kerjasama yang baik dan saling menguntungkan.

Baca juga:  Kapolsek dan Muspika Cibadak Sidak Minyak Goreng di Pasar Semi Modern

“yang saat ini menjadi sorotan berbagai pihak dan menjadi harapan peluang peningkatan ekonomi masyarakat wilayah Kecamatan Gunungguruh adalah beberapa spot Pariwisata yang unik dan menarik. Bukan hanya secara keindahan fisik namun ada potensi Wisata religi juga yang perlu dikembangkan,” ucapnya dengan optimis.

Ia mengungkap Potensi Wisata Karangpara di Desa Kebonmanggu, Goa Kutamaneuh dan Goa Pojoklawang yang legendaris dan berada di Desa Cikujang dan beberapa wilayah berkontur bukit dengan keindahan menawan yang bisa dikembangkan menjadi Destinasi wisata di wilayahnya.

“Untuk support system kelembagaan lain dari sisi keamanan masyarakat di sini ada Polsek Gunungguruh dan 1 Posramil. Rendahnya angka kriminalitas di Wilayah Kecamatan Gunungguruh merupakan bagian dari peluang datangnya investasi UMKM dan Pariwisata di wilayah ini,” kata Asep meyakinkan.

Sambil menuturkan tentang potensi Kecamatan Gunungguruh, Asep Suhenda menunjukkan data Sarana dan Prasarana Pendidikan di Kecamatan Gunungguruh yang memaparkan total jumlah TK 13, SD 23, SLTP 8 dan SLTA ada 3, termasuk SMAN 1 Cisaat yang dikenal berprestasi berada di Kecamatan Gunungguruh.

Baca juga:  Ini Tiga Harga Bapokting Naik Sebut Disdagin Kabupaten Sukabumi

“Secara umum sarana perekonomian disini cukup memadai, ada 1 Pasar perdagangan, jumlah pertokoan dan warung ada sekitar 896 titik, ada 4 Bank disini, angkutan umum sekitar 34 yang terdata, pegadaian 1 tempat dan pangkalan ojeg ada 49 titik. Sarana kesehatan di Kecamatan Gunungguruh ada 2 Puskesmas, 2 Puskesmas Pembantu dan 70 lokasi Posyandu,” ungkap Camat Gunungguruh.

Sebelum mengakhiri wawancara, Asep menyampaikan total panjang Jalan Provinsi yang melewati wilayahnya adalah 3 KM, Panjang Jalan Kabupaten 27 KM, Panjang Jalan Desa 34 KM dan keseluruhan panjang Jalan lingkungan adalah 23,10 KM.

“Saat ini, yang kami tunggu adalah adanya anggaran pengelolaan Potensi Wisata dan UMKM yang ada di Wilayah Kecamatan Gunungguruh. Selain itu, Insfrastruktur jalan sangat perlu ditingkatkan untuk kemajuan wilayah kami. Jika jalannya mendukung, maka potensi wisata dan UMKM di Kecamatan Gunungguruh bisa menjadi salah satu juara di Kabupaten Sukabumi. Tentu hal itu akan meningkatakan pendapatan daerah dan peningkatan ekonomi masyarakat di Kecamatan Gunungguruh dan sekitarnya,” ucap Asep Suhenda menutup wawancara ekslusive bersama Lingkarpena.id.

Pos terkait