Pasanggiri Jaka Dara Pajampangan 2024 Segera Dibuka

Jaka Dara Jampang Ngabuana 2 Gambar Istimewa

LINGKARPENA.ID | Perhelatan Jampang Ngabhuana 2, hajatan tahunan Paguyuban Jampang Tandang Makalangan (JTM), tahun 2024 direncanakan akan digelar pada Mei 2024. Pasanggiri Jaka Dara merupakan salah satu acara unggulan yang diusung di Acara Jampang Ngabhuana 2.

Tempat kegiatan direncanakan akan berlangsung di Lapang Lodaya Setra, Kelurahan/Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Dalam keterangannya, Ketua Panitia Pelaksana, Yopan Rafli, menuturkan tujuan dilaksanakannya acara Pasanggiri Jaka Dara Pajampangan adalah salah satu upaya mempromosikan aset wisata yang ada di wilayah Pajampangan, juga mengenal seni dan dudaya, UMKM dan kearipan lokal Pajampangan.

Baca juga:  Gelaran Acara Jampang Ngabhuana 2 Audisi Jaka Dara Pajampangan 

“Diharapkan kedepannya acara Pasanggiri Jaka Dara Pajampangan ini dijadikan agenda tahunan dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Sukabumi,” harap Yopan.

Menilik sejarah digelarnya Acara Jaka Dara Pajampangan, adalah metamorfosis dari kegiatan Acara Rampak Jampang tahun 2018. Pada saat wabah covid, tahun 2020 sampai 2023, acara tersebut vacum, dan tahun 2024 kembali digelar di acara Jampang Ngabhuana 2, acara tahunan Paguyuban Jampang Tandang Makalangan ( JTM ).

Baca juga:  Persiapan Bazar Ramadan 1445 H di Pajampangan, Ini Lokasinya

Terkait dengan acara Jaka Dara Pajampangan, Ketua Umum Jampang Tandang Makalangan, Hendra Permana, S.Sos, MM, mengajak kepada segenap warga Pajampangan khususnya kalangan muda untuk turut berpartisipasi di acara tersebut. Pasalnya kata Hendra, ini adalah peluang dan kesempatan untuk belajar dan berprogres serta mengenal seni dan budaya, wisata dan kearipan lokal Pajampangan.

Tahun 2018 dan 2019 saat digelarnya acara Pasanggiri Jaka Dara Pajampangan perdana minat masyarakat cukup tingggi. Setidaknya ada 12 kecamatan Se-Wilayah VI yang mengirimkan perwakilannya di acara tersebut.

Baca juga:  Prabowo Subianto Disambut Ribuan Warga Sukabumi, Ini Kegiatannya!

“Salah satu syarat yang harus dimiliki calon peserta selain harus warga Pajampangan, adalah usia 16 – 25 tahun dan belum menikah. Calon peserta harus paham tentang wisata dan seni budaya daerah kecamatannya masing masing,” pungkas Yopan.

Bagi masyarakat yang berminat mengikuti Pasanggiri Jaka Dara Pajampangan bisa daftar di nomor Kontak
Arif 0857-9825-7563, Hendry Firmansyah 0857-5943-5805 dan Ramli Jalaludin, SE 0856-5999-0345.

Pos terkait