Resmikan Tol Bocimi, Jokowi: Ini Kado HUT RI Ke 78 bagi Warga Sukabumi

Presiden RI Joko Widodo saat meresmikan Jalan Tol Bocimi, seksi II di Sukabumi, Jumat (4/8/2023).| Azis Ramdhani

LINGKARPENA.ID | Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Jumat 4 Agustus 2023.

Menurut Jokowi, peresmian tersebut menjadi hadiah Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 78 bagi warga Sukabumi.

Disampaikan Presiden Jokowi ruas jalan Tol Bocimi seksi II, Cigombong-Cibadak memiliki panjang 11,9 kilometer di Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

Baca juga:  DPRD Minta DKP Segera Tertibkan Eksportir Benur Ilegal di Sukabumi

“Alhamdulilah pada hari ini ruas jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer sudah rampung dan siap untuk dioperasikan,” kata Jokowi dihadapan wartawan.

“Ini merupakan kado ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 kepada provinsi Jawa Barat, khususnya untuk warga Sukabumi,” sambung Jokowi.

Orang nomer satu di Indonesia ini menyebut, pembangunan ruas jalan Tol ini menelan anggaran mencapai Rp3,2 triliun. Dengan kehadiran Tol Bocimi ini, Jokowi meyakini mobilitas orang dan barang akan semakin cepat.

Baca juga:  Presiden Jokowi Serahkan 3.000 Sertifikat Hak Atas Tanah di Kabupaten Bandung

“Jalan Tol Ciawi-Sukabumi memiliki empat seksi dengan total panjang keseluruhan 54 km dengan progres Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu,” bebernya.

“Untuk dua seksi lainnya yakni Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km dan Seksi 4 ruas Sukabumi Barat – Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km dalam progres pembebasan lahan,” imbuhnya.

Baca juga:  Presiden Jokowi Resmikan KEK Lido, Bupati Marwan: Peluang Besar Masyarakat untuk Membangun Sektor Usaha

Sebelumnya Ruas Tol Bocimi Seksi I Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer telah beroperasi sejak Desember 2018 lalu.

Pos terkait