Gerbang Objek wisata Situgunung dan Jembatan Gantung di Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi. [Foto: Lap]

Wisata Situgunung Sukabumi Kembali Dibuka, Simak Aturan Masuknya!

KABUPATEN SUKABUMI
Spread the love

Lingkarpena.id, SUKABUMI – Sejak diumumkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 untuk Kabupaten Sukabumi, sejumlah objek wisata di beberapa tempat kembali dibuka.

Hal itu dilakukan para pengelola wisata berdasarkan surat edaran dan Intruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) terkait pandemi virus Covid-19 di wilayah Jawa-Bali.

Salah satu tempat wisata yang menjadi serbuan wisatawan adalah wisata Situgunung, di Desa Gede Pangrango Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi, yang sudah dikenal dengan Jembatan Gantung Situgunung.

Baca juga:
Berada di Level 2, Kondisi Pasar Semi Modern Cibadak Sukabumi Mulai Menggeliat

“Ini merupakan hari kedua dibukanya tempat wisata Situgunung. Pada PPKM Level 2 wisata dibuka ada syarat khusus bagi para pengunjung yang datang,” kata Kepala Resort PTN Situgunung, Asep Suganda, saat ditanya lingkarpena.id Sabtu, (04/09/2021) di lokasi wisata.

Dikatakan Asep, pada hari kedua dibukanya tempat wisata Situgunung, sontak membuat para wisatawan yang sudah lama menanti langsung mendatangi tempat wisata ini. Meskipun demikian kata Asep, para pengunjung tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah Kabupaten Sukabumi.

“Kami dengan aturan secara ketat bagi para pengunjung wisata Situgunung yang datang. Mereka yang hendak memasuki area wisata diwajibkan memperlihatkan sertifikat vaksin dan atau vaksin pertama,” tegas Asep.

Asep menambahkan, sejak lokasi wisata dibuka tidak pernah terjadi penolakan terhadap para wisatawan. Namun kata Asep, tercatat ada 4 orang yang ditolak karena pengunjung tidak bisa memperlihatkan bukti surat vaksin yang diberikan oleh petugas vaksinator melalui pemerintah.

Baca juga:
AKBP Dedy: Ingatkan Tak Ada Eforia Wisata, Ganjil Genap di Level 2 Sukabumi Masih Diberlakukan

“Pada hari kedua dibukanya wisata Situgunung ini, pengunjung mulai meningkat kurang lebih tercatat mencapai 200 orang. Jumlah ini, dari wisatawan lokal dan luar daerah. Ada yang dari Bogor dan juga Jakarta. Tapi mereka memenuhi syarat yang kami minta,” terang Asep.

Sementara itu, menurut salah satu pengunjung wisata Situgunung asal Bogor, Mita Arisafitri mengatakan, protokol kesehatan yang diterapkan pihak pengelola mulai dari depan sudah diwajibkan melakukan 5 M. Dirinya sangat menyukai wisata alam Situgunung, dengan begitu sejak kondisi Covid-19 menurun ke Level 2 baru bisa kembali berwisata namun harus memenuhi syarat yang diberlakukan.

“Ya aturan yang diterapkan pihak pengelola bagi para pengunjung itu Bagus. Patuhi protokol kesehatan dan saling menjaga tempat wisata agar tetap bisa terus lestari,” pungkasnya.

 

Reporter: Lap
Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan