Akhirnya Keinginan Dua SDN di Cidolog Miliki Gamelan Angkel Terkabulkan

Syukuran dan prosesi ruatan sekaligus pemasangan gamelan kemudian dilakukan percobaan menabuhnya.| Foto: Aris Wanto

LINGKARPENA.ID | Bantuan Gambelan Angkel untuk dua Sekolah Dasar Negri Desa Cikarang dan Cimahi Desa Cidolog di Kecamatan Cidolog Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Pendidikan sudah terealisasi dan tersalurkan. Bantuan gamelan tersebut disambut suka cita oleh para siswa dan orang tua serta kepala sekolah, pada Minggu (10/12/2023).

Dimana Cidolog merupakan wilayah yang dominan dengan kecintaan pada Seni Pentas Wayang Golek. Hal ini dipicu karena banyaknya minat siswa yang ingin belajar untuk melestarikan seni budaya tersebut.

Baca juga:  Terduga Pencuri Laptop dan Infocus Sekolah Dasar Diamankan Polisi

Kepala SDN Cikarang Eman Sutardi mengatakan, dirinya sangat bersyukur atas terkabulnya impian para siswa untuk mempunyai Gamelan Angkel. Akhirnya keinginan yang sekian lama dinantikan kini telah datang.

“Saya mewakili semua wali murid mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Daerah khususnya Dinas Pendidikan Bidang SD Kabupaten Sukabumi yang telah merealisasikan Gamelan pada Sekolah kami,” tutur Eman, kepada Lingkarpena.id.

Baca juga:  Disdik Kabupaten Sukabumi Turun Tangan Soal Kasus Pengeroyokan yang Menewaskan Siswa SD di Sukaraja

“Alhamdulillah tadi malam kami sudah melakukan syukuran dan prosesi ruatan sekaligus pemasangan gamelan untuk dilakukan percobaan menabuhnya. Kami juga mengundang tokoh seniman Abah Otong bersama Dalang Ade Koswara sekaligus sebagai pelatih untuk para siswa kami,” sambungnya.

Dijelaskan Eman, dengan adanya gamelan ini, sekolah yang ia pimpin itu telah melahirkan regenerasi seni, salah satu talenta dalang cilik yang kini sudah mulai terintergrasi di dunia pewayangan.

Baca juga:  Ada Bercak Darah: Dua Korban Dianiaya di Sebuah Kontrakan di Gunungguruh Sukabumi 

“Tentunya ini merupakan salah satu bakat yang luar biasa. Tentu sesuai harapan semua, nantinya siswa kami ini bisa menjadi salah satu kebanggaan bagi Sekolah kami ke depan,” tutupnya.

Pos terkait