Begini Kondisi Siti Robiah Gadis 14 Tahun Warga Surade Sukabumi, Kapus: Ini Penyakitnya

LINGKARPENA.ID | Sungguh iba melihat kondisi anak bernama Siti Robiah (14) Putri bungsu anak dari pasangan suami istri Enan (54) dan Siti Aminah (39), warga Kampung Cilutung RT 01/05, Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Siti Robiah yang konon terlahir secara prematur diusia kehamilan 8 bulan itu, kini hanya bisa terbaring ditempat tidur, sesekali digendong ibunya. Di usianya menginjak 14 tahun bobot badanya hanya 9 kilogram. Anak malang itu sehari hari hanya mengkonsumsi bubur sereal.

Baca juga:  Mengurai Benang Kusut di Wisata Pantai Minajaya

Terkait kondisi kesehatan Siti Robiah, Kepala Puskesmas Buniwangi Kecamatan Surade Yogi angkat bicara. Katanya, itu kasus lama dan sempat mendapat penanganan oleh PKM . Bahkan, katanya, dulu pernah untuk di rujuk ke Rumah Sakit Harapan Kita, tapi pihak keluarganya menolak.

“Itu kasus lama dan pernah ditangani. Bahkan dulu pernah ditawari untuk dirujuk ke rumah sakit Harapan Kita Jakarta. Hanya saja pihak keluarganya menolak. Dan sempat ditawari bantuan kursi roda dari Dinas Sosial, tetap menolak,” tutur Yogi

Baca juga:  Koramil 0622-10 Pabuaran Sinergis Giat Pendampingan Vaksin Covid-19 Anak Usia SD

Dijelaskan Yogi, beberapa waktu lalu tenaga kesehatan (Nakes) yang pernah melakukan kunjungan dan menangani kasus anak tersebut menyebut bahwa Siti Robiah ada kebocoran jantung, sehingga sempat akan dirujuk ke Rumah Sakit Harapan Kita.

“Insyaallah kami akan melakukan kunjungan ulang dan sudah kami jadwalkan melalui program Dokter Masuk Kampung (DMK),” singkat Yogi.

Baca juga:  Hati-hati, Bakteri E coli jadi Penyebab Keracunan Masal di Sagaranten Sukabumi

Pos terkait