Hadiri Award Baznas Kabupaten Sukabumi, Bupati Marwan Harapkan Ini

Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memberikan sambutan di award baznas Kabupaten Sukabumi.| Azis Ramdhani

LINGKARPENA.ID | Bupati Sukabumi Marwan Hamami menghadiri acara Badan Amil Zakat Award 2023 di Aula Pundak Arum Pendopo jalan Ahmad Yani, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Senin (07/08/2023).

“Iya, Award itu diberikan untuk memacu semangat untuk Unit Pelaksana Zakat (UPZ) dalam melakukan sosialisasi edukasi kepada masyarakat guna menyalurkan kelebihan harta atau kelebihan hartanya,” kata Bupati Marwan kepada Lingkarpena.id seusai acara.

Lanjut dia, kelebihan harta Zakat Infaq Sedekah (ZIS) tersebut disalurkan banyak melalui institusi-institusi yang ditunjuk oleh pemerintah. Tetapi bagaimana peran UPZ itu harus bisa menjawab persoalan-persoalan keumatan.

Baca juga:  Disparbud Sukabumi Gelar Jalan Sehat Berbudaya Pekan Kebudayaan Daerah

“Karena hal ini menyangkut kepada potensi bagaimana kebijakan pemerintah yang belum terealisasi seperti contoh halnya rumah layak tidak huni (rutilahu), kalau dalam hitungan pemerintah itukan satu tahun menunggu setelah mengajukan Profosal bantuan. Nah, tiba-tiba ada rumah yang runtuh atau bangunan majelis runtuh misalnya. Disinilah peran UPZ Baznas dengan programnya bisa membantu pemerintah dalam capaian,” ungkapnya.

Meskipun demikian lanjut Marwan, hal tersebut dilakukan tidak boleh keluar dari peraturan Ashnaf dan pemberian bantuan itu, disitulah para UPZ diberikan Reward prestasi. Sedang untuk para Camat, Kepala Dinas dan ASN lainnya untuk dapat mengajak kepada masyarakat agar mau menyalurkan zakatnya melalui UPZ Baznas Kabupaten Sukabumi.

Baca juga:  Bupati Hadiri Deklarasi Zona Integritas DPMPTSP, Begini Pesannya

“Dengan Slogan Berdaya Bersama Zakat (Bebeza) dengan hasil kebersamaan itu dapat menghasilkan membiayai UMKM, Anak sekolah, bayar rumah sakit bagi yang tidak mampu, membangun majelis, mesjid yang belum terbiayai pemerintah,” tandasnya.

Ditempat yang sama Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi Unang Sudarma menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu ajang untuk menginformasikan dan transparansi kegiatan pengelolaan ZIS di Kabupaten Sukabumi. Hal itu dimulai dari pengumpulan hingga pendistribusian.

Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi Unang Sudarma, saat memberikan keterangan kepada sejumlah awak media di lokasi kegiatan.| Azis Ramdhani

“Saya akan terus berusaha untuk mengembangkan berbagai peluang untuk mengelola ZIS dari masyarakat, sesuai dengan syariat Islam,” bebernya.

Baca juga:  Bantuan Sosial Tunai Tahap 2 di Desa Talagamurni Mulai Disalurkan

Tak hanya itu tambah dia, Baznas Kabupaten Sukabumi juga membuat berbagai program penyaluran ZIS dari masyarakat, seperti program pemberdayaan masyarakat melalui beasiswa, bantuan kesehatan, renovasi rumah tidak layak huni, dan gerakan memakmurkan masjid serta Satu kecamatan Satu Sarjana (SKSS) dan rencana membangun Mesjid di Selabintana.

“Saya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menyalurkan ZIS melalui Baznas Kabupaten Sukabumi, Insya Allah, dengan menyalurkan ZIS melalui Baznas Kabupaten Sukabumi akan lebih bermanfaat untuk masyarakat,” pungkasnya.

Pos terkait