Ini Kondisi Pasien Rujukan Korban Gempa Cianjur, di RS Bhayangkara Setukpa Sukabumi

Rumah Sakit Bhayangkara Setukpa Sukabumi Yang Berlokasi di Jalan Aminta Azmali Trip, Kelurahan Sriwidari, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Selasa (29/11/2022). Foto: Azis Ramdhani.

LINGKARPENA.ID I Menindak lanjuti Perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Rumah Sakit Bhayangkara Setukpa, Kota Sukabumi, menangani pasien rujukan korban gempa Sugenang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Setukpa Polri Sukabumi, AKBP dr Much Sofwan mengatakan bahwa meninjak lanjuti perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar seluruh Rumah Sakit Bhayangkara untuk menjadi RS rujukan yang terdekat dari RS di Cianjur yakni RS Bhayangkara Setukpa Sukabumi dan RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung.

“Iya, RS Bhayangkara Setukpa saat ini sudah menangani rujukan pasien korban gempa yang terpusat di Cianjur dan juga untuk operasi seperti kasus-kasus yang heboh yakni khusus pasien patah tulang sudah di persiapkan,” kata dr Sofwan kepada Lingkarpena.id saat ditemui diruang kantornya, Selasa (29/11/2022).

Baca juga:  Kadistan Kota Resmikan Kantor BPP Lembursitu-Baros

Selain itu sambung dokter Spesialis Ahli Bedah Tulang ini menjelaskan, untuk menangani pasien korban gempa bumi. RS Bhayangkara Setukpa telah mempersiapkan dokter spesialis bedah diantaranya, Urologi, bedah tulang dan juga dibantu oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Ortopaedi dan Traumatologi Indonesia (PABOI) dari Pusat, Jakarta dan Bandung.

“Adapun jumlah pasien korban gempa di Cianjur, diambil oleh tim kesehatan Setukpa dari posko dilokasi Cugenang ada indikasi untuk di operasi lalu dibawa ke RS Bhayangkara Setukpa. sebagian pasien rawat jalan berada d posko,sedangkan pasien lainnya yang membutuhkan penananan Hedomolisa ada 9 orang Karena kondisi RS di Cianjur terdampak gempa, alat-alatnya pun tidak bisa dipakai,” jelasnya.

Baca juga:  Lapas Kelas 2B Sukabumi Siap Mencanangkan Zona Integritas

Sementara kondisi pasien yang ditangani RS Bhayangkara Setukpa, lanjut dia saat ini kondisi pasien setelah dilakukan pasca operasi alhamdulilah sudah membaik dan pasien sudah dinyatakan pulang. Akan tetapi pihak RS mempersilahkan jika berkeinginan untuk menetap di RS, namun rata-rata pasien memilih untuk tinggal rumah saudara terdekat di Sukabumi.

“Terkait dengan pembiayaan pasien korban gempa bumi di Cianjur, sudah ditanggung oleh Pemerintah. Dan jika mendapat rujukan khusus untuk pasien korban gempa, RS Bhayangkara Setukpa akan melayani dengan optimal,” bebernya.

Baca juga:  GPK dan Poskab Sapu Jagat Kolaborasi Berbagi Kebaikan

Tak hanya itu RS Bhayangkara Setukpa akan mendatangkan tahap kedua dokter psikiatri jiwa untuk memberikan trauma healing dari RS Bhayangkara Jakarta, jika mendapat rujukan pasien anak-anak.” pungkasnya.

Pos terkait