Ketua DPD RI bersama Ketua Umum KONI Jatim Erlangga Satriagung saat mengunjungi Venue Renang di PON XX 2021 Papua, beberapa waktu lalu. [Foto: Ist]

LaNyalla: Tim Piala Thomas Bikin Indonesia Bangga

OLAHRAGA

Lingkarpena.id, SURABAYA – Apresiasi diberikan Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, kepada Jonatan Christie dkk yang mampu membawa pulang Piala Thomas ke Indonesia. Menurut LaNyalla, sukses tersebut membuat seluruh publik Indonesia bangga.

Indonesia dipastikan menjadi juara Piala Thomas 2020 setelah mengalahkan China 3-0, pada laga final yang digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) malam WIB. Sukses ini sekaligus mengakhiri puasa gelar Indonesia di Piala Thomas selama 19 tahun. Indonesia terakhir menjadi juara pada 2002 silam.

Baca juga:  Napak Tilas Jalur Daendels, Dua Aggota KGP Gowes Anyer-Panarukan Sejauh 1000 Km

Keberhasilan ini semakin mengukuhkan Indonesia sebagai Raja Piala Thomas dengan 14 kali tampil sebagai juara. Sementara China sebagai rival terkuat, baru mengoleksi 10 gelar juara.

Baca juga:
Ketua DPD RI: Berharap Lahir Bibit Atlit Andalan Tingkat Dunia dari PON Papua

“Perjuangan yang sungguh sangat luar biasa. Para pahlawan bulu tangkis kita kembali membuktikan jika Indonesia adalah negara besar di cabang ini,” tutur LaNyalla yang sedang reses di Jawa Timur, Senin (18/10/2021).

Baca juga:  Nico Afinta: Servis Bola Pertama Tanda Pertandingan Dimulai

Senator asal Jawa Timur ini menambahkan, sukses ini harus menjadi momentum untuk membangkitkan kembali bulu tangkis Indonesia.

“Indonesia adalah negara yang mempunyai segudang talenta dan sistem pembinaan yang baik. Keberhasilan ini menjadi momentum yang sangat baik untuk membangkitkan kembali bulu tangkis Indonesia di kancah dunia,” tuturnya.

Baca juga:
Asrorun Niam: PON Momentum Bangun Umat Sadar Olahraga

LaNyalla berharap kesuksesan demi kesuksesan akan terus dicapai para atlet bulu tangkis di ajang-ajang bergengsi lainnya.

Baca juga:  Penerbangan Internasional Bali dan Kepri Dibuka, LaNyalla: Minta Pemerintah Tidak Lengah

Saat final, poin pertama Indonesia dipersembahkan tunggal pertama Anthony Sinisuka Ginting yang mengalahkan Lu Guang Zu dengan skor 18-21, 21-14, dan 21-16. Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memperlebar keunggulan Tim Merah Putih setelah mengalahkan He Ji Ting/Zhou Hao Dong, 21-12 dan 21-19.

Kemenangan Indonesia dikunci Jonatan Christie yang mampu mengalahkan Li Shi Feng 21-14, 18-21, dan 21-14. (*)

 

Kontributor: Dedi Gunawan
Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan