Lomba Mancing Bupati Cup Dibuka, Ini Asal Peserta dan Durasinya

H Marwan Hamami secara resmi membuka lomba mancing Bupati Cup tahun 2023.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Sebanyak 350 peserta mengikuti lomba mancing di badong (perahu pagang) Bupati Cup 2023, di Pantai Batubintang Palabuhanratu, Sabtu, 16 September 2023. lomba mancing ini dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke 153.

Sekadar informasi, peserta lomba berasal dari Jabodetabek, Bandung dan Cianjur. Satu perahu pagang terdiri dari 10 peserta dan beberapa dewan juri.

Bupati Sukabumi H Marwan Hamami, menyatakan, lomba mancing di Badong Bupati Cup 2023 sebagai sarana menggali potensi wisata baru dan memajukan ekonomi masyarakat.

Baca juga:  Fishing Tournament 2022 Bupati Cup, Ikon Wisata Baru Sukabumi

“Sepanjang 117 kilometer kawasan pantai terdiri dari 8 Kecamatan se-Kabupaten Sukabumi diyakini bisa menjadi penguat penambah ekonomi masyarakat di wilayah pesisir, tak lain adalah melalui lomba mancing ini,” jelasnya.

H Marwan menyebut, kegiatan ini dinilai dapat memdorong masyarakat untuk membuka peluang usaha baru. Dimana, selain sebagai fungsi untuk menangkap ikan, pagang juga dapat dijadikan sarana edukasi wisata.

Baca juga:  1.100 Penanaman Pohon di HUT Ke-28 Satradar 216 Cibalingbing Sukabumi, Simak yang Terlibat Kegiatannya¬†

“Ini adalah salah satu peluang bagi masyarakat pesisir, terutama bagi pemilik pagang dalam peningkatan nilai ekonomi. Seakan pagang ini kepada wisatawan sehingga bisa menambah nilai ekonomi bagi masyarakat,” imbuhnya.

H Marwan menegaskan, agar panitia penyelenggara beserta instansi terkait terus mengembangkan potensi ini agar menjadikannya sebagai ikon Kabupaten Sukabumi. Sehingga dapat mendatangkan wisatawan dari mancanegara.

Baca juga:  Dharma Wanita Persatuan Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Berbagi Takjil

“Terus dorong potensi ini supaya pertumbuhan masyarakat di kawasan pesisir semakin berdaya,” pintanya.

Bupati mengajak kepada para peserta lomba memancing untuk menjaga dan melestarikan laut yang juga sebagai pendukung kehidupan bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Sukabumi, khususnya di wilayah pesisir.**

Pos terkait