Petugas Jibom Sisir Gereja di Sukabumi

LINGKARPENA.ID | Menjelang perayaan hari Natal tahun 2023, Tim Jibom (penjinak bom) Gegana Sat Brimob Polda Jabar melakukan sterilisasi di sejumlah gereja yang ada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, Minggu, (24/12/2023).

Didampingi Kabag Ops Polres Sukabumi Kota, Kompol Deden Sulaeman, spesialis penjinak bom kebanggaan Polri tersebut menyusuri setiap sudut ruangan di beberapa gereja yang akan menyambut hari besar umat Kristiani tersebut.

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Ari Setyawan Wibowo mengatakan, sterilisasi yang dilakukan Tim Jibom tersebut merupakan pelayanan prima sekaligus upaya preventif Kepolisian untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pada perayaan natal di Kota Sukabumi.

“Giat ini dalam rangka untuk memberikan pelayanan, keamanan dan kenyamanan dalam pelaksanaan hari natal di tahun 2023. Kami telah berkoordinasi dengan Brimob Polda Jabar untuk menurunkan Tim Jibom guna melakukan sterilisasi di gereja-gereja ataupun tempat-tempat yang akan dilaksanakan ibadah perayaan natal tahun 2023 ini,” kata Ari kepada awak media.

Baca juga:  Usai Diresmikan, Bangunan Teras Cipelang Herang di Kota Sukabumi Ambruk

“Hari ini sudah dilaksanakan sterilisasi Jibom yang didampingi personel Polres Sukabumi Kota. Ya tentu kami koordinasi dengan pihak Gereja supaya tidak kaget,” jelasnya.

“Ya setelah sterilisasi ini, kami menyerahkan kepada pihak gereja,dilanjutkan dengan pengamanan maksimal di masing-masing tempat ibadah. Itu mulai dari sore ini sampai dengan pelaksanaan tahun baru, di mana semua gereja, ataupun hotel maupun ruko yang digunakan untuk pelaksanaan ibadah natal,” sambungnya.

Baca juga:  107 Personel Polres Sukabumi Kota Naik Pangkat

Ari menerangkan, sejumlah personel pengamanan telah disiagakan di seluruh gereja untuk menjaga keamanan selama perayaan ibadah natal.

“Rata-rata tiap gereja ada 8 sampai 10 dan diperkuat lagi dengan pleton Patroli Perintis Presisi serta backup dari Brimob untuk melakukan patroli ke gereja-gereja tersebut. Kami dari pihak Kepolisian akan bekerja secara maksimal dalam memberikan pelayanan, kenyamanan kepada warga masyarakat,” terang Ari.

“Kami mohon bantuan warga masyarakat untuk sama-sama membantu mengamankan di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Apalagi kota sukabumi ini terkenal dengan toleransi sampai dengan mendapatkan penghargaan nasional,” ujarnya.

“Saya harap dengan bekal tersebut, insyaalloh warga masyarakat dapat saling membantu dalam hal menciptakan situasi kondusif di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota,” bebernya.

Baca juga:  Puluhan Spanduk Sosialisasi Ops Keselamatan Lodaya 2024 Polres Sukabumi Kota

Menyikapi situasi kamtibmas selama perayaan natal dan libur tahun baru 2024, Ari memastikan jajarannya akan meningkatkan upaya preventif Kepolisian utuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas.

“Untuk pencegahan kami melaksanakan kegiatan preventif dan preemtif. Kami juga berupaya mencegah terjadinya curat (pencurian dengan peberatan), curas (pencurian dengan kekerasan), curanmor (pencurian kendaraan bermotor) maupun potensi konflik lainnya,” tambah Ari.

“Ya, ini memang diatensi langsung oleh bapak Kapolri dan dijabarkan bapak Kapolda, bahwa tidak boleh ada letupan sekecil apapun. Dan kami harus memberikan kenyamanan yang maskimal kepada warga masyarakat yang melaksanakan ibadah,” pungkasnya.

Pos terkait