Bencana banjir di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jum'at (19/11/2021) /Akoy Khoerudin /Lingkarpena

Seharian Diguyur Hujan, Enam Kampung di Kecamatan Ciemas Sukabumi Terendam Banjir

KABUPATEN SUKABUMI

LINGKARPENA.ID – Hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Sukabumi sejak pagi hingga sore hari, Jum’at (19/11/2021) menyebabkan terjadinya banjir dibeberapa lokasi, termasuk salah satunya terjadi di Kecamatan Ciemas.

Sejak pagi hari, banjir terjadi disejumlah titik di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Rata-rata banjir terjadi akibat adanya luapan air sungai melampaui pematang sawah bahkan memutus akses jalan provinsi di daerah tersebut.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Ciemas Idrus mengatakan, pihaknya telah melakukan pemantauan serta koordinasi dengan tim penanggulangan bencana yang ada di desa.

Baca juga:  Truk Muatan Pasir Terguling di Tanjakan Cikawung Nyalindung Sukabumi

“Hasil pemantauandan koordinasi dengan tim PB desa yang dilakukan pada hari Jum’at tanggal 19 November 2021 mulai pukul 08.20 WIB, terjadi banjir di beberapa titik,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Lingkarpena.

Lebih lanjut Idrus menyebutkan, banjir terjadi di sekitar jembatan Cidahon dan Jembatan Cikalong yang mengakibatkan akses jalan provinsi penghubung desa Mekarsakti dengan Desa Ciwaru tergenang air meskipun masih bisa dilewati kendaraan.

“Titik kedua, banjir terjadi di kampung Ranca salak tepatnya di sekitar jembatan Ki Sohir, akses jalan masih bisa dilewati baik oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, walaupun tergenang banjir,” ujarnya.

Baca juga:  Angin Kencang di Sukabumi, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga

Ketiga, sambung Idrus, jalan kabupaten yang menghubungkan Desa Tamanjaya dengan Desa Ciwaru tepatnya di Kampung Cikoneng juga terendam banjir dengan ketinggian air mencapai lutut orang dewasa, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan.

“Lokasi banjir yang keempat, juga terjadi di ruas jalan Kabupaten tepatnya di jembatan Citamiang yang menghubungkan Desa Mekarsakti dengan Desa Mandrajaya, di lokasi ini juga tidak bisa dilewati kendaraan sama sekali,” sambungnya.

Baca juga:  Terus Dibayangi Pergerakan Tanah Susulan, Korban Bencana Alam Nyalindung Sukabumi Minta Relokasi

Lokasi banjir berikutnya terkadi di Kampung Bantar panjang, Desa Mandrajaya, dan di kampung Sidat, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas. Hingga menjelag sore hari di kedua lokasi ini masih tergenang air.

“Bencana banjir di beberapa titik di Kecamatan Ciemas masih terjadi hingga sore hari disertai hujan dengan Intensitas sedang yang tak kunjung mereda,” pungkasnya.***

Tinggalkan Balasan