Warga Sukabumi Diduga Terlantar, Ada di Panti Sosial Jakarta, Begini Kronologisnya

Acun Mansur warga Ciemas Kabupaten Sukabumi saat ini berada di Panti Sosial Cengkareng Jakarta Barat. | Foto: Istimewa

LINGKARPENA.ID | Beredar kabar seorang warga asal Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, dilaporkan sebagai orang terlantar di Jakarta. Sudah hampir satu tahun atas nama Acun Mansur ini dirawat di Panti Sosial Bina Insan (PSBI) kawasan Bangun Jaya, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

Berdasarkan informasi dari Petugas Pelayanan Sosial PSBI Bangun Jaya 1, Nazmi, yang behasil di hubungi awak media mengatakan, Acun Mansur dibawa ke panti tersebut setelah terjaring razia Satpol PP setempat pada 28 Maret 2023 lalu.

Baca juga:  Danpussenarmed Lalukan Komsos Penting, Kuatkan Sinergitas dengan Masyarakat

Sementara terkait Identitas Acun sendiri baru diketahui setelah dilakukan pengecekan biometrik oleh pihak Panti belum lama ini.

“Jika kondisi emosionalnya saat ini mulai stabil. Ya, dia sudah bisa diajak komunikasi dua arah. Nah untuk alamat lengkapnya baru diketahui setelah dilakukan pemeriksaan biometrik oleh dinas kependudukan di sini,” ujar Nazmi saat dikonfirmasi awak media, Kamis, (25/01/2024) melalui sambungan teleponnya.

Lanjut Azmi, berdasarkan pemeriksaan biometrik, Acun Mansur diketahui merupakan warga Kampung Mekar Asih RT 005 RW 03, Kelurahan Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Dan Acun dirawat di panti tersebut sebagai pasien disabilitas mental.

Baca juga:  Gerak Cepat PLN Siaga Kelistrikan Pemilu di Tengah Banjir

Nazmi juga mengatakan saat ini kondisi kesehatan Acun menurun dan hasil didiagnosa ia mengidap gagal ginjal akut serta diharuskan rutin cuci darah.

“Iya, kondisi kesehatannya seperti itu. Namun saat ini dia masih bisa berjalan baik,” kata Nazmi.

“Acun ini ketika awal masuk Panti sangat agresif. Dan belum bisa diajak ngobrol. Sekarang sudah stabil, menurut dia katanya ke Jakarta untuk mencari teman dan mengaku punya anak namanya Anton dan Arif,” tambahnya.

Baca juga:  Jelang Nataru, PLN UID Jakarta Raya Gelar Apel Siaga Nataru

Bagi warga atau keluarga yang mengenali Pak Acun, ucap Nazmi, bisa langsung menghubungi kontak person PSBI Bangun Jaya di Cengkareng di nomor telepon 0898-8471-901. Atau juga bisa langsung ke Sasana PSBI Bangun Jaya di Jalan Kamal Raya nomor 6, RT.9/RW.7, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.**

Pos terkait