DPMPTSP Kabupaten Sukabumi Segera Luncurkan Mall Pelayanan

LINGKARPENA.ID | Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sukabumi akan segera meluncurkan Mall Pelayanan Publik (MPP) bergerak dan inovasi LINK SATU (Layanan Keliling Kemudahan Berusaha Terpadu).

Namun, begitu acara peluncuran di klaim kepala dinas DPMPTS Ali Iskandar sebagai uji coba yang akan dilaksanakan pada Kamis, 20 Juni mendatang di Aula Setda Kabupaten Sukabumi, Kecamatan Palabuhanratu hingga tiga bulan kedepan.

Ali Iskandar menyatakan, bahwa kegiatan peluncuran ini juga akan menjadi uji coba LINK SATU yang akan berlangsung selama tiga bulan. Peresmian resmi direncanakan pada September 2024, bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke-154.

Baca juga:  H-3 Volume Kendaraan Meningkat, Polres Sukabumi Rekayasa Lalin

“Uji coba ini akan berlangsung minimal selama tiga bulan, bangunan selesai pada September, uji coba akan berlangsung hingga Desember,” ujar Ali Iskandar.

Selain itu, Ali juga menambahkan bahwa selama periode uji coba, akan dilakukan penggantian atau konversi dari non pelayanan publik bergerak.

“Kita melakukan terobosan dan sudah meminta izin untuk melaksanakan uji coba selama tiga bulan ini,” imbuhnya.

Baca juga:  Polres Sukabumi Gelar 'Coffee Morning' dengan Insan Pers, Begini Kata Aa Dede

Dalam MPP bergerak, telah disiapkan 78 jenis pelayanan yang mencakup perizinan dan non perizinan. Hal ini merupakan bagian dari implementasi program inovasi bergerak.

Untuk inovasi LINK SATU, nantinya akan tersedia 27 unit layanan yang melibatkan instansi pemerintah daerah, instansi vertikal, BUMD, BUMN, hingga lembaga masyarakat.

“Pelayanan publik ini akan dilakukan secara bergerak di pos-pos pelayanan publik. Saat ini, telah dilaksanakan di lima titik, yaitu di Aula Setda Palabuhanratu, Cisaat, Sukaraja, Cicurug, dan Surade di Gedung Opak,” jelas Ali.

Baca juga:  Anggota Polsek Simpenan Sigap Bantu Kebencanaan Longsor

Ali juga menegaskan bahwa pembentukan MPP bergerak bertujuan untuk memberikan alternatif layanan terpadu satu pintu dan satu atap kepada masyarakat agar mudah mendapatkan layanan yang semakin murah, cepat, aman, nyaman, dan terjangkau.

“Ini merupakan bagian dari program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) pada Perda Nomor 4 Tahun 2021,” terang Ali.

Ali juga mengajak masyarakat untuk hadir pada tanggal 20 Juni untuk menyaksikan peluncuran tersebut.

Pos terkait