Hari Pangan Sedunia 2023, Ratusan Masyarakat di Sukabumi Serbu Pangan Murah

Antusias warga saat menyerbu berbagai kebutuhan rumah tangga di Alun-alun Palabuhanratu.| Foto: Ndie

LINGKARPENA.ID | Keberadaan Alun-alun Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pada Senin, (16/10) pagi tiba-tiba berubah menjadi pusat perhatian ratusan masyarakat.

Ratusan masyarakat terlihat antusias silih berganti berdatangan memadati stand- stand yang ada diarea alun alun. Kedatangan mereka untuk berburu atau membeli barang kebutuhan rumah tangga mulai dari beras, sayuran, lauk pauk dan lainnya.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka Gerakan Pangan Murah (GPM) memperingati Hari Pangan Sedunia tahun 2023 yang dilaksanakan secara serentak se- Indonesia.

Baca juga:  Naik Besi Dijembatan Dermaga Perairan Muara Cikaso, Wisatawan Dikabarkan Tenggelam

“Hari ini kan hari ketahanan pangan internasional, hampir di seluruh Indonesia kegiatan seperti ini diberlakukan, kurang lebih tadi ada 450 lebih kota kabupaten yang menyelenggarakan sama di zoom meeting,” ungkap Marwan.

Dijelaskan Marwan, gelaran pangan murah tersebut sebenarnya menargetkan bagaimana inflasi daerah itu akan tertahan terutama di posisi penyediaan sembilan bahan bahan pokok dan juga penunjang lainnya.

Baca juga:  Bupati Sukabumi Hadiri Sosialisasi dan Deklarasi Damai Pemilu Serentak 2024 Mendatang

“Karena kemarin itu yang salah satu yang mendorong inflasi tinggi itu dengan harga beras yang naik, kemudian tadi disampaikan juga gula pasir juga naik,” jelasnya.

Sejauh ini, kata Marwan pemerintah pusat dan daerah kabupaten Sukabumi sudah berupaya untuk melakukan terobosan-terobosan dan penanggulangan salah satunya dengan program pasar murah, sehingga diharapkan faktor inflasi bisa tetap tertahan, terlebih daerah-daerah yang inflasinya di atas 5%.

“Kalau Sukabumi kita bersyukur inflasi kita di bawah 3 persen di bawah nasional diangka 2,78 persen,” terangnya.

Baca juga:  Longsor Tutup Jalan Cisarua Nagrak

Pantuan dilapangan, selain kebutuhan bahan pokok dan penting (Bapokting) dalam rangka gerakan pangan murah juga ada pemeriksaan hewan dari dinas peternakan. Malah yang banyak diserbu masyarakat, rata-rata datang untuk memeriksakan hewan peliharaannya seperti kucing dan lainnya.

Pos terkait