Muhammad Raafi, Pelajar Kota Sukabumi Raih Juara 1 Lomba Pupuh FTBI Tingkat Jabar

Inilah sosok Muhammad Raafi Pangestu pelajar SMP Negeri 5 Kota Sukabumi juara 1 lomba pupuh FTBI Tingkat Jawa Barat.| Foto: Istimewa

LINGKARPENA.ID | Muhammad Raafi Putra Pangestu, siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Kota Sukabumi berhasil meraih juara 1 lomba Pupuh Putra di Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Jawa Barat, yang digelar pada 13-16 November 2023 kemarin di Soreang Kabupaten Bandung.

Diceritakan oleh Guru Bahasa Sunda SMP Negeri 5 Kota Sukabumi Dadan Mulyadansyah mengatakan, dengan prestasi yang diraih Raafi ini akan menjadi bagian dari wakil Jawa Barat untuk bertanding dalam FTBI di Tingkat Nasional.

Baca juga:  Wali Kota Sukabumi, Buka Coaching Clinic MMA Untuk Cetak Generasi Milenial Dalam Kegiatan Positif Beladiri

Lanjut Dadan, menurut informasi yang diperolehnya pada FTBI Tingkat Nasional mekanisme lomba akan berbeda dengan tingkat provinsi.

“Jadi di FTBI tingkat nasional, setiap provinsi akan menyajikan sebuah pagelaran seni yang merangkum berbagai mata lomba,” jelas Dadan kepada wartawan, Senin (20/11/2023).

Kendati demikian ia mengharapkan Raafi bersama perwakilan Jawa Barat lainnya bisa mencapai peringkat tiga besar di tingkat nasional nanti.

Baca juga:  Tiga Pelajar SMAN di Kota Sukabumi, Dibacok Orang Tak Dikenal

“Target ada ingin masuklah ditingkat nasional di tiga besar lah, tetapi bagaimana pun inikan konsep pelaksanaan ditingkat nasional itu berbeda dengan di Jabar kemarin,” ujarnya.

Sementara itu Raafi mengaku, prestasi yang diraihnya tidak terlepas dari hasil didikan orang tua yang telah mengenalkannya terhadap kesenian sunda sejak kecil.

Ia pun merasa senang karena berhasil meraih prestasi ditingkat Jawa Barat setelah sebelumnya sempat pula mewakili Kota Sukabumi dalam Lomba Pupuh Tingkat Jawa Barat pada tahun 2021.

Baca juga:  Hari Tani Nasional di Sukabumi, Danrem Panen Padi Kering 76,22 Ton di Lahan Perkotaan

Saat ini Raafi tengah menunggu informasi dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat terkait persiapan menuju FTBI Tingkat Nasional.

“Senang dan bersyukur bisa menjadi juara I. Katanya mah dari Balai Bahasa mau mengadakan latihan bersama. Ya di sekolah latihan seperti biasa. Belajar Pupuh itu dari kelas 3 SD,” singkatnya.**

Pos terkait