Pohon Beringin Usia Ratusan Tahun Roboh dan Timpa Dua Rumah di Gegerbitung Sukabumi

Inilah pohon beringin dengan usia ratusan tahun roboh dan menimpa dua rumah warga Gegerbitung Sukabumi pada Jumat, 19 Januari 2024.| Foto: P2BK

LINGKARPENA.ID | Pohon beringian usia ratusan tahun dengan berukuran besar tumbang dan menimpa dua rumah warga di Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi pada Jumat 19 Januari 2024 kemarin.

Berdasarkan laporan petugas penanggulangan bencana kecamatan (P2BK) Gegerbitung, Ofiek, yang disampaikan Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Sukabumi, tumbangnya pohon tersebut sekira pukul 16:40 wib sore saat hujan deras dan angin kencang.

Pohon Beringin berukuran besar yang tumbang itu tepatnya di Kampung Bongas RT 05/04 Desa/Kecamatan Gegerbitung. Akibat bencana tersebut dua rumah milik Sukanta (86) dan rumah milik Sopian (26) tertimpa pohon.

Baca juga:  Pemerintah Kecamatan Palabuhanratu Tunaikan Program Akta-ku

“Kejadiannya saat hujan deras yang disertai angin kencang. Beruntung dua rumah warga itu hanya terkena ranting pohon dan kerusakannya masih di kategorikan sedang,” ujar Ofiek dalam keterangannya.

Petugas BPBD Kecamatan ini segera berkoordinasi dengan unsur Forkopimcam dan langsung melakukan asessment ke lokasi kejadian secara bersama-sama.

“Kami evakuasi pohon beringin dengan menggunakan gergaji mesin. Sempat kesulitan karena ukuran pohon itu ukurannya cukup besar. Dan evakuasi dilanjutkan Sabtu pagi,” tambah Ofiek.

Baca juga:  Jalur Cisarakan Sempat Lumpuh, Samapta Polres Sukabumi Langsung Sigap
Sebelum evakuasi pohon | ist

Dijelaskan Ofiek, kebutuhan darurat serta mendesak untuk perbaikan rumah tentu sangat diperlukan dan disegerakan. Kebutuhan seperti material bangunan, Kayu, Genteng, Paku dan lain-lainnya.

“Evakuasi pohon tidak selesai malam tadi. Kami lanjutkan di hari Sabtu, 20 Januari 2024. Iya karena kondisi malam dan peralatan terbatas. Alhamdulillah evakuasi pohon sudah selesai siang ini,” tambah Ofiek, Sabtu, (20/01/2024) kepada Lingkarpena.id melalui sambungan Wats App nya.

Baca juga:  Pohon Tumbang Tiga Rumah Rusak di Parungkuda

Opiek menambahkan, dalam proses evakuasi pohon juga ada keterlibatan dari P2BK Sukalarang dan Kecamatan Cireunghas. Usai evakuasi pohon pihaknya juga memberikan himbauan kepada warga masyarakat untuk selalu waspada saat terjadi hujan deras dan angin kencang.**

Pos terkait