Wabup Hadiri Simulasi Pengamanan Pemilu 2024

Wakil Bupati Iyos Somantri bersama Forkopimda saat berada di acara Sispamkota Pemilu 2024.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menyaksikan pagelaran Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024, yang dilaksanakan di Jalan Jajaway Palabuhanratu, tepatnya di depan Kantor DPRD Kabupaten Sukabumi, Rabu, (30/8/2023).

Acara simulasi ini menerjunkan sebanyak 531 Personil gabungan yang terdiri dari unsur TNI, Polri, dan Brimob. Yang dilengkapi dengan beberapa kelengkapan lainnya seperti kendaraan water canon dan tembakan gas air mata untuk mengamankan unjuk rasa saat penghitungan suara yang dimungkinkan akan terjadi saat pelaksanaan pemilu ditahun 2024 nanti.

Baca juga:  Hasil Nobar Debat Cawapres, Hergun: Jawaban Gibran Mencerminkan Profesional

Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri mengakui, bahwa acara Sispamkota yang dilakukan oleh Polres Sukabumi dinilai sangat luar biasa. Karena itu, Sispamkota Kab. Sukabumi siap ciptakan pemilu aman dan kondusif.

“Ini sangat luar biasa, sehingga sejatinya tidak kelihatan mana latihan mana samulasi, ini terlihat asli seperti sedang terjadi demikian,” ujar Wabup.

Tahun 2023 ini sudah memasuki tahun politik imbuh Wabup, bahkan di tahun 2024 akan menjadi puncak tahun politik di Indonesia, maka dari itu, kemungkinan yang akan terjadi nanti harus dipersiapkan sedini mungkin.

Baca juga:  Wapup Hadiri Gerakan "Kancing" di Cibadak Sukabumi

“Simulasi hari ini sangat luar biasa, saya atas nama pemerintah kab. Sukabumi sangat mengapresiasi atas kegiatan simulasi yang sangat serius ini,” tambahnya.

Wabup berharap, walaupun persiapan pengamanan kota di Kab. Sukabumi jelang Pengamanan Pemilu 2024 ini sudah sangat baik, tetapi harus terus diantisipasi lebih jauh agar pelaksanaannya berjalan dengan aman, damai dan kondusif.

Sementara itu, Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede menambahkan, Sispamkota ini guna memperlihatkan kesiapan personil gabungan dalam rangka mengamankan terhadap hal yang dimungkinkan takan terjadi di pemilu serentak tahun 2024.

Baca juga:  Gempa Berkekuatan 5,6 Magnetudo Guncang Sukabumi

“Tahapan-tahapan ini sudah terlihat sangat real, memang kita minta pelaksanaannya seperti hal terjadi sebenarnya dengan maksud sejauh mana kesiapan personil kita dalam menghadapi pemilu nanti,” terangnya.

Dengan hal tersebut Tambahnya, TNI, Polri serta unsur Forkopimda Kab. Sukabumi siap memberikan jaminan apabila terjadinya kontigensi dalam pelaksanaan pemilu serentak di tahun 2024.

“Sebanyak 531 Personil gabungan terdiri dari unsur TNI, Polri, Brimob dan forkopimda ini siap mengamankan pemilu serentak di tahun 2024,” pungkasnya.**

Pos terkait