Antisipasi Sebaran Sampah, DLH Sukabumi Susur Sungai Cipalabuhan

Tim DLH saat melakukan susur sungai Cipalabuhan, Palabuhanratu Sukabumi dari kotoran sampah.| Foto: Ndie

LINGKARPENA.ID | Berbagai upaya dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi guna menciptakan kebersihan lingkungan khususnya di lokasi sungai Cipalabuhan, Kelurahan/ Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni melakukan susur sungai Cipalabuan, dengan melibatkan puluhan personel dari berbagai bidang dari dinas lingkungan hidup. Mereka melakukan pembersihan sampah sampah yang bertebaran di sungai Cipalabuhan, Selasa 31 Oktober 2023.

Eris Firmansyah Subkor Pemulihan pencemaran lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi mengatakan, kegiatan bersih bersih dengan susur sungai dilaksanakan nyaris setiap bulan. Dan itu dilakukan untuk menjaga kebersihan sungai dari sebaran sampah yang dibuang masyarakat secara sembarangan.

Baca juga:  Rumah di Surade Sukabumi Ludes Terbakar, Ini Penyebabnya

“Hampir semua bidang kita terjun turun melakukan susur sungai, ini untuk kepentingan semua, termasuk tim patroli sungai ikut membersihkan sampah di sungai Cipalabuan ini,” ujar Eris kepada wartawan.

Tim Subkor DLH saat memantau sampah dari atas jembatan.| Ndie

Dijelaskan Eris, pembersihan sungai tidak hanya sekedar membersihkan sampah di area sungai, namun juga pembersihan dilakukan pada area area jalan sepanjang bantaran, serta tempat penampungan sampah ilegal yang selanjutnya dilakukan pengangkutan untuk dibuang ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

Baca juga:  Pabrik Pengopenan Kayu di Cicantayan Kebakaran, Kerugian Capai Rp800 Juta

“Ini memang tidak rutin, namun dilakukan setiap bulan, meski memang terkendala keterbatasan waktu, anggaran juga karena memang ada anggarannya, personel juga,” jelasnya.

Eris berharap, kedepan dengan dilakukannya kegiatan susur sungai oleh Dinas Lingkungan Hidup dibantu unsur terkait lainnya baik dari jajaran pemerintahan kecamatan, kelurahan Palabuhanratu dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan terlebih ke sungai.

Baca juga:  Berdalih PMDK Lahan HGU, Oknum PTPN VIII Sukabumi Intimidasi Puluhan Warga di Empat Desa

“Kami berharap dengan kegiatan seperti ini menjadi motivasi bagi masyarakat, mereka bisa sadar akan efek kalau buang sampah ke sungai itu seperti apa, semua sudah pada tahu, kebersihan ini kan penting bagi kita semua,” terangnya.

“Ya paling tidak dengan ini menyadarkan masyarakat sehingga ikut tergugah, terinspirasi bahwa petugas saja, pengawas mau turun ke sungai bersih bersih, sebagai masyarakat kenapa tidak,” tandasnya.

Pos terkait