Poles Talenta: PEPADI Sukabumi Konsisten di Binojakrama Padalangan Jabar 2023

PEPADI Sukabumi terus konsisten memoles para kontestan Binojakrama Padalangan.| Foto: Aris Wanto

LINGKARPENA.ID | Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Sukabumi terus berbenah dan konsisten melakukan persiapan dengan memoles talenta kontestan untuk menghadapi Binojakrama Padalangan Tingkat Jawa Barat 2023.

Sambil menunggu jadwal pasti di akhir tahun ini, Binojakrama yang merupakan even paling ditunggu para talenta muda Seni Wayang Golek. Perhelatan ini tentunya tak luput dari perhatian pecinta, pemerhati, praktisi dan talenta muda pedalangan Jawa Barat.

Kepada awak media, mewakili Ketua Pepadi Kabupaten Sukabumi, Ki Yaya Sukarya selaku bendahara mengungkap, meskipun dengan segala keterbatasan “Pendanaan” yang ada, tim kontestan dari Kabupaten Sukabumi terus memaksimalkan latihan setiap saat.

Baca juga:  Bupati Berikan Cinderamata di Sertijab Danyon Armed 13

“Empat pekan terakhir ini kami terus berlatih, berbenah dan memoles talenta yang akan diterjunkan dalam Binojakrama nanti,” ungkap Ki Yaya kepada Lingkarpena.id Selasa 31 Oktober 2023.

Lanjut Ki Yaya mengatakan, saat ini prediksi sudah 70-80 persen persiapan seluruh tim, baik Dalang Muda yang menampilkan Asep Sopiyan, lalu ada personil yang memegang rebab dan merupakan juara I Jawa Barat saat ini Fikri terus di asah kembali.

Baca juga:  Kontingen Binojakrama Padalangan 2023, Dilepas Bupati Sukabumi

“Ya termasuk seluruh tim nayaga dari semua talenta, siap mempersembahkan kemampuan terbaiknya. Saat ini kami terus memoles agar lebih maksimal saat penampilan nanti,” imbuhnya.

Diketahui, event besar kebudayaan ini merupakan hajat dari PEPADI Jawa Barat yang dilaksanakan oleh Pemenang Bokor Emas (Juara-red) tahun 2022 yaitu Kabupaten Bandung.

“Untuk waktunya masih tentatif alias belum fix tanggalnya. Info terkini agenda yang semula akan dilaksanakan 21-22 November namun diundur lagi. Tanggal pastinya belum ditentukan. Namun apapun itu, kami terus berlatih agar siap saat ditentukan tanggalnya,” ungkap Dalang Kabupaten Sukabumi ini.

Baca juga:  Satu Korban Tenggelam di Pantai Sukabumi Ditemukan

Ki Yaya juga berharap ada kepedulian dan dukungan dari semua pihak khususnya Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Pemprov Jabar atas pelestarian budaya adiluhung ini.

Sampai dengan tayang berita ini, lingkarpena.id belum berhasil mengkonfirmasi panitia pelaksana Binojakrama Jabar 2023 terkait tanggal pasti pelaksanaan kegiatan Binojakrama Padalangan ini digelar.

Pos terkait