Gelaran Acara Jampang Ngabhuana 2 Audisi Jaka Dara Pajampangan 

Photo | Istimewa

LINGKARPENA.ID | Acara Jampang Ngabhuana 2, hajatan tahunan Paguyuban Jampang Tandang Makalangan ( JTM ), tahun 2024 akan digelar pada 10, 11, 12 Mei 2024, di Lapang Lodaya Setra Surade, Kelurahan/Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Dengan mengusung tema “Kongres Budaya Urang Jampang Sadunya”, pada perhelatan itu akan digelar serangkaian acara Pembukaan, terdiri dari Kirab Terompet dan Drum Band Minajaya, Lomba Pasanggiri Pencak Silat Se-Kabupaten Sukabumi, live show Gasentra dan Artis Ibukota, Bobodoran Mak Ijem.

Pada hari kedua, Sabtu ( 11 /5/2024 ) acara berlanjut meliputi, Rajah bubuka, upacara adat dan audisi Jaka Dara Pajampangan.

Acara Opening ceremony akan berlangsung sekira pukul 13.00 wib, acara direncanakan akan dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi.

Baca juga:  Apresiasi Baksos TNI AL, Camat Palabuhanratu: Sinergitas TNI Masyarakat

Berlanjut sekira pukul 14.00 wib. Saresehan Budaya Jampang dengan Nara sumber sederet tokoh Pajampangan akan menjadi acara awal dari rangkaian acara lainnya, Kontes Jaka Dara Pajampangan dan Debus Palu Jampang.

Setelah rehat, sekira pukul 19. 30 acara berlangsung dengan menampilkan seni Sunda Rampak Pasanggiri Pencak Silat dengan melibatkan sejumlah pesilat unggulan dari Peguron yang tersebar se Pajampangan.

Kongres Budaya Urang Jampang Sadunya, yang merupakan inti dari kegiatan Jampang Ngabhuana 2, akan menjadi acara selanjutnya. Hadir sebagai moderator Hendra Permana, dan dipandu Ramli Jalaludin, sebagai notulen.

Baca juga:  Muhibah Ramadhan Terakhir, Wabup Paparkan Program Relevan

Penutup acara hari perdana Jampang Ngabhuana 2 diisi dengan penampilan sederet seniman Pajampanagn dalam gelaran Rampak Gendang dan Rampak Jaipong.

Pada ahir Acara Jampang Ngabhuana 2, Minggu ( 12/5/2024 ), sekira pukul 07.00 wib Deville khas Pajampangan menjadi awal acara, dilanjutkan dengan penampilan Drum Band Minajaya dan Parade Pengurus JTM se-Kecamatan Surade.

Pada pukul 09.00 sampai 12.00 wib, acara dilanjutkan dengan penampilan Jampang Rancage, Laes, Ngagondang, Seni Beluk, dan Ngarajah, disambung dengan Seni Lisung Ngamuk dan Kaulinan Jamus Kalimusada.

Baca juga:  Jelang UKW, PWI Kabupaten Sukabumi Buka Bengkel Jurnalis

Minggu, ( 12/5/2024 ), selepas rehat acara berlanjut dengan menampilkan sederet pentas seni Sunda Pangrawit Pancanaka, Angklung, JTM Award, Debus Taliwangsa, Hadroh dan Lomba Pidato antar Pesantren Se-Pajampangan.

Selepas rehat kedua, sekira pukul 19.30 wib acara dilanjutkan dengan penampilan atraksi Bola Seuneu ( api ), lalu Penampilan Hadroh, dan Lomba Pidato Antar Pesantren sesi kedua. Puncak Acara ditutup dengan tampilan nuansa religi, qori dan tablig Akbar.

Warga Pajampangan yang ingin turut berpartisipasi pada perhelatan tahunan Jampang Ngabhuana 2 bisa mendaftarkan diri ke nomor berikut ;

Arif Rahman Hakim, 0857-9825-7563, Hendry Firmansyah 0857-5943-5805 dan Ramli Jalaludin, 0856-5999-0345.

Pos terkait