Ini 10 Usulan Program Pembangunan di Musrenbang Kelurahan Cikondang Sukabumi

Kegiatan Musrenbang di Kelurahan Cikondang Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Cikondang merumuskan sepuluh usulan program pembangunan dengan kebutuhan anggaran sekitar Rp. 3 hingga 5 miliar.

Hal tersebut disampaikan oleh Lurah Cikondang, Taofik Mochammad Ihsan, ketika ditemui usai pelaksanaan Musrenbang pada Kamis 7 Desember 2023.

Ia menerangkan pada awalnya masyarakat dari RW 1 hingga 9 Kelurahan Cikondang mengajukan 20 usulan program. Namun setelah dilakukan pembahasan dan mempertimbangkan beberapa hal.

Baca juga:  Hindari Bencana Banjir, Anggota Polri Bantu Warga Bersihkan Jalan dan Sungai

Pertimbangan itu seperti penuntasan kawasan kumuh, penanggulangan bencana dan percepatan penanganan stunting, disepakati sepuluh usulan yang akan dibahas lebih lanjut dalam Musrenbang Tingkat Kecamatan.

“Ada 20 ajuan untuk skala prioritas, kita seleksi lagi menjadi 10 usulan dengan prioritas penanganan kerawanan bencana, kawasan kumuh dan kenyamanan masyarakat. Kurang lebih Rp. 3 – 5 miliar, karena ada TPT di RW 03 diajukan dengan biaya kurang lebih Rp. 1 miliar. Ya karena wilayah tersebut rawan bencana,” jelas Taofik.

Baca juga:  Peringati Harkitnas di Kota Sukabumi, Achmad Fahmi: Momen untuk Bangkit dari Pandemi

Dari sepuluh usulan tersebut terdapat lima usulan kegiatan pemberdayaan masyarakat diantaranya berupa bimbingan teknis bagi kader Posyandu Remaja dan PKK. Dijelaskan pula bahwa untuk pembiayaan kegiatan pemberdayaan masyarakat akan dibebankan dalam program dana kelurahan.

“Pemberdayaan masyarakat dari dana kelurahan ada bimtek kader posyandu remaja, PKK dan linmas,” pungkasnya.

Pos terkait