Panwascam Kecamatan Cibeureum Gelar Press Release Pengawasan Kampanye Pemilu 2024

LINGKARPENA.ID | Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Cibereum Kota Sukabumi, menggelar press release soal pengawasan kampanye pemilihan umum tahun 2024. Acara di gelar di Sekretariat Panwascam Cibereum, Jalan Garuda, Kelurahan Limusnunggal, Kota Sukabumi, Kamis, 7 Desember 2023.

Press release pengawasan kampanye turut dihadiri oleh sejumlah forum koordinasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) Cibereum serta sejumlah petugas pengawas pemilu tingkat Kelurahan serta para tokoh masyarakat yang ada di Kecamatan Cibereum Kota Sukabumi.

Konteks penting dalam press release Panwascam Ciberem, salah satunya menjabarkan soal undang-undang nomor 7 tahun 2017. Secara umum undang-undang ini mengatur mengenai penyelenggara pemilu, pelaksana pemilu, pelanggaran pemilu, serta tindak pidana pemilu.

Dalam Press Release tersebut, Panwascam Cibereum memberikan informasi terkait rencana dan strategi pengawasan yang akan dilakukan dalam pemilihan daerah di legislatif Kota Sukabumi.

Mereka menjelaskan pentingnya pengawasan yang ketat untuk memastikan integritas dan keadilan dalam proses pemilihan. Panwascam Cibereum juga menyoroti pentingnya memperhatikan zona merah yang mungkin menjadi fokus pengawasan.

Baca juga:  Inspektorat Gelar Sosialisasi Anti Korupsi di Lembaga Legislatif DPRD Kota Sukabumi

Zona merah adalah daerah atau wilayah yang memiliki potensi risiko tinggi terjadinya pelanggaran pemilihan, seperti adanya indikasi politik uang, intimidasi, atau kecurangan lainnya. Panwascam Cibereum menyadari pentingnya memperhatikan zona merah ini dan akan melakukan pengawasan yang lebih intensif di wilayah-wilayah tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pemilihan di zona merah dapat berjalan dengan adil dan jujur.

Ketua Panwascam Cibereum Acrp Sutisna menjelaskan pentingnya pengawasan yang ketat dalam pemilihan daerah.

“Pengawasan yang ketat sangat penting untuk memastikan bahwa pemilihan berjalan dengan adil dan jujur. Kami berkomitmen untuk menjaga integritas pemilihan dan memastikan bahwa setiap suara masyarakat benar-benar terwakili,” katanya.

Salah satu aspek penting dalam pengawasan pemilu adalah partisipasi masyarakat. Panwascam Cibereum melibatkan masyarakat dalam pengawasan melalui kombinasi dan pengawasan partisipatif. Mereka bekerja sama dengan tokoh agama, RT, RW, dan stakeholder lainnya untuk menyampaikan pesan-pesan penting kepada masyarakat.

Baca juga:  995 Buah Knalpot Bising Dimusnahkan Polres Sukabumi Kota

“Kami mengadakan momen khusus di mana kami melibatkan masyarakat untuk mengetahui jalur dan alur kampanye yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kami juga bekerja sama dengan tokoh agama untuk menyampaikan pesan-pesan melalui ceramah atau pengajian,” tuturnya.

Dalam upaya pengawasan, Panwascam Cibereum juga memperhatikan zona merah yang memerlukan pengawasan intensif. Zona merah ini ditetapkan berdasarkan Surat Edaran Nomor 356 yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Panwascam Cibereum bekerja sama dengan pihak kepolisian dan TNI untuk menjaga keamanan di zona-zona tersebut.

“Kami menyadari pentingnya memperhatikan zona merah ini dan kami akan melakukan pengawasan yang lebih intensif di wilayah-wilayah tersebut,” jelas Ketua Panwascam Cibeureum itu.

Dalam menjaga integritas pemilihan, Panwascam Cibereum menangani berbagai pelanggaran pemilu. Yusuf Saeful Sekretaris Panwascam Cibereum menambahkan bahwa Panwascam menangani pelanggaran yang mencakup pelanggaran pidana, pelanggaran administrasi, dan pelanggaran kode etik.

Baca juga:  Pemkot Sukabumi Bareng Kodim 0607, Hadiri Panen Raya Kelompok Tani Sejahtera

“Kami melakukan kajian terlebih dahulu sebelum memberikan sanksi yang sesuai. Kami berusaha menjaga transparansi dan keadilan dalam penanganan pelanggaran tersebut,” tegasnya.

Ketika ditanya tentang pesan untuk peserta pemilu, Cep Danu Pengurus Panwascam juga memberikan pesan agar selalu memperhatikan dan mengikuti aturan yang berlaku.

“Kami menekankan pentingnya peserta pemilu untuk mengikuti jumlah baliho atau alat peraga kampanye yang sesuai dengan peraturan. Kami berharap semua peserta pemilu dapat menjaga integritas dan mengikuti aturan dengan baik,” ungkap

Sebagai penyelenggara pemilihan, Panwascam Cibereum berkomitmen untuk menjalankan tugas dengan profesionalitas dan objektivitas. Mereka berupaya menjaga transparansi dan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilihan daerah.

“Kami tidak akan memihak kepada salah satu peserta pemilu. Kami akan tetap netral dan menjalankan tugas dengan integritas,” pungkasnya.

 

Pos terkait