Miris Pasutri di Surade Setahun Tinggal di Bekas Kandang Sapi

LINGKARPENA.ID | Derita Keluarga Emad (66) warga Kampung Cimaja RT 014/04, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi dengan kondisi memilukan. Diketahui keluarga ini sudah setahun hidup bersama istrinya, Ida (65) dan seorang Cucu bernama Amelia Rasfi (15), menempati Bekas Kandang Sapi milik H. Duduh tetangganya.

Menurut Suryana, selaku Ketua RT setempat menerangkan, sebelum menempati kandang sapi, Emad dan istrinya tersebut tinggal di subuah rumah kontrakan.

“Betul itu warga kami. Ia pindahan dari Kampung Karanglayung. Disini mereka sudah setahun. Semula dia tinggal di rumah kontrakan. Ya karena tak mampu bayar ahirnya memilih keluar,” jelas Suryana kepada lingkarpena, Jumat, 24 Mei 2024.

Baca juga:  Lupa Matikan Api Tungku Dapur, Rumah di Surade Sukabumi Ludes Terbakar

Lebih lanjut, kata Suryana, hasil musyawarah warga ahirnya Emad ditempatkan di bangunan bekas kandang sapi yang sudah tidak terpakai.

“Sebenarnya kami juga tidak kasihan dan tidak rela menempatkannya di bangunan itu. Tapi daripada harus mengontrak, ya terpaksa itu kami lakukan,” jelasnya.

Disinggung soal bansos, kata Suryana, karena keluarga Emad statusnya warga pindahan, pengajuannya pun menunggu antrean. Tapi katanya, sedang dalam proses.

Sementara menurut Ida, dirinya hingga saat ini tidak pernah mendapat bantuan bansos dari pemerintah, baik PKH atau BPNT. Kalaupun pernah menerima hanya 6 liter beras, itupun sudah lama sekali.

Baca juga:  Putus Cinta, Pria di Lengkong Sukabumi Nekad Gantung Diri

Numawi teu kantos nampi bansos BPNT mah, upami beas genep liter mah leres nampi. Begitulah, tidak pernah menerima bantuan Bansos. Kalau menerima bantuan beras pernah 6 liter,” ucap Ida seraya menangis dengan lirih.

Dijelaskan Suryana, sebelum tinggal sebagai warganya, Emad tercatat sebagai warga Kampung Karanglayung, Desa Pasiripis. Karena tekanan ekonomi saat itu  terpaksa Emad menjual rumahnya, dan mengkontrak rumah di kampung Cimaja.

Informasi didapat, pekerjaan Emad sehari hari serabutan dan warga sekitar sering memintanya untuk mencari rumput.

Sadidinten mah sok ngarit kanggo ternak (mencari rumput untuk ternak). Upami teu kitu timana atuh kanggo emam. Kalau gak begitu darimana atuh buat makan,” kata Ida.

Baca juga:  Dua KK Mengungsi di Surade, Rumah Terbakar Habis

Sementara itu Plt Kepala Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Nandang Saeful Mikdar, S.So, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa Emad adalah warganya. Dan, terkait dengan kondisi kehidupannya, menurut Nandang saat ini sedang dalam proses pengajuan untuk mendapat bantuan.

“Benar itu warga kami. Saat ini kami dengan pihak RT setempat sedang mengupayakan proses pengajuan ke kabupaten. Yang jadi masalah itu kan warga pindahan, jadi kami singkronkan dulu datanya,” singkat Nandang.

Pos terkait