Bupati Sukabumi Marwan Hamami, saat menjadi pembicara opening Webinar Nasional Pendidikan, secara virtual di Pendopo Sukabumi, Jumat (15/10/2021). [Foto: Ist]

Opening Speaker Seminar Pendidikan, Marwan: Guru Tumpuan Harapan Bangsa

PENDIDIKAN

Lingkarpena.id, SUKABUMIBupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, guru merupakan tumpuan harapan bangsa. Menurutnya, guru merupakan pencetak generasi penerus bangsa yang akan memimpin dan mengisi pembangunan di masa mendatang.

“Kualitas para pemimpin bangsa ke depannya berada di tangan guru,” ujar Marwan saat menjadi pembicara pembuka dalam Webinar Nasional Pendidikan dan Launching Platform Sahabat Guru yang dilakukan secara virtual dari Rumdin Pendopo Sukabumi, Jumat (15/10/2021) siang.

Baca juga:  Upaya KBM Tatap Muka Cepat Terealisasi, 200 Tenaga Pengajar Disuntik Vaksin Covid-19

Melalui, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) bersama Yayasan Pendidikan Adiluhung Nasional bergerak menyelenggara kegiatan bertemakan “mewujudkan guru cakap bermedia digital, cakap numerasi, dan berkarakter dalam menghadapi tantangan global”. Mengingat tantangan di ruang digital semakin besar dan menyentuh semua kehidupan manusia.

“Literasi digital menuju masyarakat cakap digital itu menjadi hal yang wajib dilakukan kedepannya,” ucap Bupati.

Baca juga:
Pemkab Sukabumi Gandeng Universitas Trisakti Soal Kajian Potensi Daerah

Kegiatan tersebut dipusatkan di Kabupaten Tabanan, literasi digital tidak hanya penguasaan teknologi saja kata Marwan. Namun, transformasi digital bertumpu kepada tiga kunci utama yaitu SDM, teknologi, dan regulasi.

Baca juga:  Jelang Sekolah Tatap Muka, Puskesmas Gunungguruh Sasar 19 SD

“Guru memiliki posisi paling strategis dalam meliterasi harus cakap bermedia digital. Kami dari APKASI mendorong literasi di semua lapisan masyarakat, termasuk guru,” ungkapnya.

Bupati yang menjabat sebagai Dewan Pengawas APKASI itu menambahkan, bahwa di era digitalisasi guru harus melek. Terutama dengan dunia digital yang merebak di semua kancah kehidupan modern ini.

Baca juga:  12 Ribu Siswa Ikuti Gebyar Vaksinasi Jabar Juara Merdeka, Ini Kata Bupati Sukabumi

“Guru harus semakin cerdas dalam memilah dan memilih metode pendidikan yang relevan dengan pembelajaran di kelas. Sehingga, guru bisa memanfaatkan platform pendidikan seperti daring dan luring dengan metoda learning management system dan lainnya,” bebernya

Tinggalkan Balasan