Peningkatan Kapasitas Kepala Desa, Sekda Minta Tingkatkan Koordinasi Jaga Sinergitas dan Kolaborasi

LINGKARPENA.ID | Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman membuka Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dan Perangkat Desa Tingkat Kabupaten Sukabumi oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) di Hotel Sukabumi Indah Selabintana, Sabtu, 9 Desember 2023.

Ketua BKAD Yusup Poernama menyampaikan, jumlah total peserta sebanyak 560 Orang ini dibagi dalam Empat Gelombang. Kegiatan dimulai tanggal 9 hingga 13 Desember 2023 mendatang. Untuk Gelombang I sebanyak 135 Orang ini khusus para Kades terpilih.

Yusup berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan memiliki wawasan yang cukup mengenai tugas dan fungsinya sebagai Kepala Desa.

Baca juga:  Meriahkan HUT Kemerdekaan Ke 77 RI, WBP dan DWP Lapas Warungkiara Adu Ketangkasan

Peningkatan Kapasitas dengan mengusung tema; “Pendalaman Tugas,Fungsi Kepala Desa dan Perangkat Desa dalam mewujudkan Desa Bebas Korupsi Transparan, Akuntabel, Partisipasif, Tertib dan Profesional”.

Sementara itu, Sekda dalam arahanya menekankan agar koordinasi, sinergi dan kolaborasi harus terus terjalin dan terbangun dengan baik diantara BKAD, APDESI dan Parade Nusantara serta Steakholder terkait.

Sehingga semuanya dapat memainkan perannya secara tepat sesuai kapasitasnya masing masing. Karena hal ini menjadi kunci utama kelancaran dan kesuksesan dalam pemerintahan.

Baca juga:  Fasilitasi Program Kampung KB, Pemdes Sukaharja Rehab Posyandu

“Manfaatkan kegiatan dengan sebaik mungkin oleh para Kepala Desa agar Knowledge, skill and Ability semakin meningkat, sehingga tugas yang telah diamanatkannya dapat diemban dengan baik dan benar serta mampu membawa perubahan di berbagai sektor pembangunan,” ungkap Ade.

Sekda menegaskan, kepala desa yang mengikuti Bimtek dituntut untuk mampu menjadi manager yang cerdas dalam pengelolaan desa dan membangun sumber daya manusia yang unggul, agar dapat menjadikan desa maju dan mandiri.

Baca juga:  Yayasan Daarul Hikmah Al Mahmudi Sukaraja Diresmikan Bupati Sukabumi

“Membangun desa bukan hanya sekadar berencana, tetapi rencana itu harus direalisasikan melalui program yang realistis,” jelasnya.

Sekda berharap, Kepala Desa bisa bergerak bersama-sama untuk membangun kemajuan Kabupaten Sukabumi yang lebih baik.

Kemudian, Sekda menyematkan tanda Peserta secara simbolis kepada dua orang peserta dan menerima untuk menyalurkan kembali bantuan sumbangan untuk Palestina dari para peserta bimtek.

Dalam acara tersebut turut hadir unsur DPMD, Camat Sukabumi, Bawaslu dan undangan lainnya.**

Pos terkait