Peran Strategis Bangun Umat dan Makmurkan Bumi, Wapres: Saat Buka Munas JATMAN

Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin, saat membuka Munas JATMAN di Balai Raya, Bengkulu, secara virtual, Minggu (13/3/2022) | Foto| Istimewa.

LINGKARPENA.ID – Jam’iyyah Ahlith Thariqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah (JATMAN) melalui gerakan tarekatnya dinilai memainkan peran strategis dalam menyebarkan dakwah yang sejuk dan menjaga kejernihan hati umat Islam di Indonesia. Oleh karena itu, JATMAN diharapkan terus mainkan peran strategis dalam membimbing umat untuk memakmurkan bumi.

“Saya berharap JATMAN dapat terus menjadi pembimbing umat agar di satu sisi umat menjadi umat yang hatinya bersih dan selalu ingat kepada Allah, dan di sisi lain juga umat juga menjadi manusia pembangunan yang memakmurkan bumi,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat membuka secara virtual musyawarah nasional (munas) JATMAN, di Jakarta, Ahad, (13/03/2022).

Baca juga:  Menang Atas Taiwan, LaNyalla: Optimis Timnas Lolos Kualifikasi Piala Asia 2023

Lebih jauh, Wapres menyampaikan esensi tarekat. Pertama, tarekat menyasar pembersihan hati, baik membersihkan hati dari syirik (at-tashfiyyah qulub) maupun menyucikan hati dari sifat-sifat buruk (at-tazkiyyah qulub). Esensi kedua, yaitu menjaga hati agar tetap hidup sehingga ia bisa mengirimkan sinyal pengingat saat manusia berbuat kesalahan atau meninggalkan ketaatan.

“Esensi thariqah lainnya pada upaya menjaga hidupnya hati untuk melahirkan perasaan-perasaan beribadah (masyair ubudiyah), perasaan bersaudara (masyair ukhawiyah), dan perasaan kebangsaan (masyair wathaniyah),” urainya.

Pos terkait