Seluruh Jalur Mudik Sudah Dipasangi Lampu Penerangan

Arus mudik di ruas jalan Purwakarta

LINGKAR PENA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) memastikan seluruh jalur yang menjadi lintasan para pemudik sudah terang saat arus mudik lebaran 1445
Hijriah nanti. Pasalnya, saat ini hampir seluruh jalur yang ada telah terpasang sarana penerangan jalan.

Sekretaris Disperkim Kabupaten Purwakarta, Dian Ardiansyah menuturkan, setiap tahun pemerintah daerah melalui dinasnya selalu mengalokasikan anggaran untuk sarana penerangan umum ini.

Baca juga:  Kolaborasi Pemkab Purwakarta – Pemprov Jabar, DKUPP Gelar Opadi di Nagri Tengah

“Sarana penerangan jalan ini, sudah terpasang di sejumlah titik. Termasuk di jalur yang akan dilintasi para pemudik,” ujarnya, Kamis (28/3).

Dian menjelaskan, penerangan jalan itu terbagi dalam berbagai kategori. Seperti, Penerangan Jalan Umum (PJU), Penerangan Jalan Lingkungan (PJL), penerangan lampion karakter, dan juga penerangan lampion tirai.

Pihaknya mencatat, khusus untuk penerangan jalan yang menjadi kewenangan instansinya, sejak 2012 lalu itu sudah terpasang 3.943 titik kategori PJL.

Baca juga:  Dukung komitmen presidensi G20, Lenzing terus jaga komitmen berkelanjutan di Indonesia

Kemudian, untuk penerangan karakter jumlahnya ada sekitar 358 titik. Salah satunya, tersebar di sepanjang Jalan Jendral Sudirman.

“Bentuknya tak seperti penerangan jalan pada umumnya. Jadi, tiang lampu yang menjulang tinggi, dibalut cat putih dan dipermanis dengan bulatan berwarna emas di bagian tengahnya. Kemudian, persis di puncaknya diberi ornamen berbentuk kujang sebagai penegas identitas kesundaan,” jelas dia.

Baca juga:  4 Wisata Religi di Purwakarta, Mengungkap Jejak Spiritual Ulama, Cocok Jadi Tempat Ngabuburit

Selain PJL karakter, lanjut dia, ada juga penerangan dengan hiasan lampion tirai. Untuk penerangan jenis ini, ada 95 titik yang tersebar di jalur perkotaan. Adapun tujuannya, untuk membuat suasana perkotaan menjadi lebih estetik.

“Dengan begitu secara umum, kondisi jalan di Kabupaten Purwakarta telah terpasang sarana penerangan jalan. Sehingga, diharapkan bisa turut membantu kelancaran saat arus mudik lebaran nanti,” pungkasnya.

Pos terkait