Warga Sukabumi Korban Terdampak Gelombang Laut dapat Bantuan

Perwakilan Forkopimcam Palabuhanratu saat memberikan bantuan secara seremony kepada korban gelombang laut (Banjir Rob) beberapa hari lalu.| Foto: Ndie

LINGKARPENA.ID | Puluhan warga yang terdampak gelombang tinggi pasang air laut di pesisir pantai Citepus, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, kabupaten Sukabumi dapat bantuan.

Bantuan tersebut disalurkan oleh jajaran forum pimpinan kecamatan beserta unsur terkait lainnya di area pesisir pantai pada Rabu (20/3/24), yang dipimpin oleh Camat Palabuhanratu, Deni Yudono.

Adanya bantuan tersebut warga penerima manfaat yang merupakan korban bangunan warung dan bale bale yang rusak tampak berseri-seri setelah menerima bantuan paket sembako.

Camat Palabuhanratu Deni Yudono menyatakan bahwa bantuan yang diberikan seluruhnya kepada ratusan warga tidak hanya di pesisir pantai Desa Citepus, namun juga warga Desa Jayanti, dan Kelurahan Palabuhanratu.

Baca juga:  Brigjen Pol Mardiaz, Beri Bantuan Usaha bagi Pemulung

Bantuan yang disalurkan, kata Denj merupakan dari Baznas dan juga BPBD Kabupaten Sukabumi yang telah peduli membantu warga yang terdampak gelbamg tinggi pasang air laut atau banjir rob.

“Alhamdulillah, hari ini kita menyalurkan bantuan untuk warga terdampak banjir rob di Citepus ini. Beberapa hari yang lalu, terjadi bencana air laut pasang yang mengakibatkan sejumlah warga terdampak. Di Citepus, sebanyak 64 kepala keluarga terdampak,” ujar Deni.

“Total bantuan ini dari Baznas berjumlah 120 paket, dan dari BPBD, hari ini disalurkan. Insya Allah, dalam waktu dekat, dari Dinsos, kami akan menyalurkan juga di kelurahan dengan sisanya sebanyak 48 paket di Desa Jayanti, khususnya di pantai Batu Bintang Cipatuguran,” tambahnya.

Baca juga:  ACT dan PWI Jawa Barat Siap Berangkatkan Truk Kemanusiaan, untuk Lumajang 

Deni juga menjelaskan bahwa bantuan yang disalurkan tidak hanya berupa paket sembako, tetapi juga meliputi peralatan dapur dan kebutuhan rumah tangga lainnya seperti matras.

“Ini meliputi paket sembako, ditambah kebutuhan warga yang terdampak, seperti matras, selimut, pakaian, peralatan dapur, dan kebutuhan dasar lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu warga Citepus yang terdampak, Idad Mulyadi (50), menyatakan rasa syukurnya atas bantuan tersebut. Terlebih lagi, saat ini memasuki bulan Ramadan, warga pesisir pantai mengalami kesulitan dalam beraktivitas seperti berjualan dan lainnya.

Baca juga:  Kemendagri dan BNPP Bakal Bangun Fasilitas MCK untuk Korban Gempa Cianjur

“Alhamdulillah, bantuan dari Baznas sangat berguna bagi kami, terutama di sekitar pantai. Mudah-mudahan semua pihak dapat turut berbagi, baik dari stakeholder maupun pihak lainnya,” ucapnya.

“Mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat bagi warga yang terdampak. Sangat berharga bagi kami, terutama dalam bulan suci Ramadan ini, di mana kami tidak dapat aktif berdagang dan melakukan aktivitas lainnya. Alhamdulillah, bantuan ini sangat berarti bagi kami di sini,” pungkasnya.

Pos terkait