BPBD Kota Sukabumi Peringati HKB ‘Siap Untuk Selamat’

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) BPBD Kota Sukabumi,yang diperingati setiap tanggal 26 April, digelar di lapang Renyah, Selasa (26/4/22).| Foto: Istimewa

LINGKARPENA.ID – Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang diperingati setiap tanggal 26 April, diisi dengan berbagai kegiatan. Acara diawali dengan serah terima Surat Keputusan (SK) Wali Kota Sukabumi mengenai Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB).

Kemudian menyalakan sirine dan kentungan tepat pada pukul 10.00 WIB. Hal itu sebagai tanda kesipsiagaan menghadapi bencana.

Baca juga:  Banjir di Kota Sukabumi Telan Korban Jiwa, Ini Jumlah Titiknya 

Kepala Seksi Kesiapsiagaan dan Pencegahan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhamy menerangkan, kegiatan ini merpakan dalam rangka peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2022.

“Di peringatan HKB ini diisi dengan konvoi kampanye kesiapsiagaan bencana. Untuk rutenya dari kantor BPBD ke Lapangan Renyah Kelurahan Nanggeleng. Tujuannya adalah mengajak masyarakat untuk memiliki kesiapsiagaan terhadap bencana,” ujar Zulkarnaen.

Baca juga:  Panglima Santri Jabar: Tak Elok Tasbihkan Adzan dengan Gonggongan Anjing, Uu Minta Kemenag Lebih Bijak Buat Aturan

Kegiatan lainnya yang dilakukan adalah apel aksi siaga bencana yang juga merupakan bagian dari pengamanan menjelang Idul Fitri 1443 Hijriyah.

“Peringatan HKB Tahun kami lebih fokus terhadap edukasi budaya sadar bencana di daerah rawan bencana. Kesadaran ini harus dimulai dari individu, keluarga, komunitas, sampai lingkungan masyarakat,” tandasnya.

Pos terkait