Cawapres Mahfud MD, Hadir di Sukabumi

Menkopolhukam RI Mahfud MD, saat memberikan keterangan kepada sejumlah awak media usai kegiatan halaqoh dengan para ajengan Sukabumi dan Cianjur di Kota Sukabumi.| Foto: Azis Ramdhani

LINGKARPENA.ID | Menteri Koordinator Bidang Politik  Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Prof Mahfud MD melakukan Silaturahmi ke Mama Sepuh dan para Ajengan se-Sukabumi Raya serta Cianjur. Silaturahmi tersebut berlangsung di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Nurul Hidayah Sukabumi, Jalan Jalur Lingkar Selatan, Kecamatan Cibereum, Kota Sukabumi, Rabu (27/12/2023).

“Hari ini saya menghadiri acara halaqah kebangsaan bersama Mama Sepuh dan Ajeungan Anom se-Sukabumi Raya dan Cianjur. Ya ini merupakan salah satu hal penting yang saya katakan tentang ke islaman dan kesatuan itu menyatu. Artinya Islam di Indonesia itu harus ikut nasionalisme,” kata Mahfud MD kepada Lingkarpena.id disela-sela kegiatannya.

Baca juga:  Jumat Berkah, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PKB Lakukan Hal Ini

Selain itu lanjut Mahfud, Indonesia mengakui bahwa Islam merupakan bagian dari sejarah perjuangan bangsa. Menurutnya tidak boleh adanya yang merasa di istimewakan serta tidak boleh ada radikalisme, karena nasionalisme Islam itu sama untuk menjadi sama dengan nasionalisme Indonesia.

“Ya, sehingga kaum muslimin harus mencintai dan merawat Indonesia secara bersama seluruh warga negara yang lain atau agama lainnya dalam kontek ke bhinekaan, kebersamaan, begitu saja intinya,” ungkapnya.

Baca juga:  Gelar Rapat Paripurna, DPRD Minta Bupati Sukabumi Bahas Raperda Bersama OPD

Mahfud menyampaikan, ia melihat adanya gejala-gejala radikalisme. Bahkan kata dia ada yang menyatakan bahwa Islam itu tidak terlibat. Namun menurut Cawapres nomor urut 3 ini islam tidak bisa begitu, sebab Indonesia di dirikan oleh para ulama-ulama Islam bersama para tokoh bangsa yang lainnya.

“Kaum muslimin itu harus menyatakan bahwa Indonesia adalah tanah airku, engkau adalah Panji martabatku,” tandasnya.

Baca juga:  Polisi Sita 1 Ton Shabu di Pantai Pangandaran

Dalam kegiatan Silaturahmi Mama Sepuh dan Ajengan se-sukabumi raya dan Cianjur itu turut hadir Ketua DPC Partai PDIP Kota Sukabumi, Iwan Adhar, Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama, Ketua DPC Perindo Kota Sukabumi, Adinda Maulan dan Ketua DPC PPP Kota Sukabumi, Ima Alamat dan unsur Relawan lainnya.

Pos terkait