Curug Bibijilan Nyalindung Sukabumi, Menawarkan Pesona Keindahan Air Terjun 7 Tingkat

LINGKARPENA.ID | Destinasi wisata alam air terjun (Curug Bibijilan) ini tidak salah jika digadang-gadangkan. Curug Bibijilan merupakan tempat wisata air terjun eksotik terunik yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Ibarat beli satu dapat tujuh, ketika mengunjungi satu destinasi wisata air terjun ini. Pengunjung akan disuguhi pemandangan indah dengan air terjun 7 tingkat.

Konon, nama “Bibijilan” merupakan pemberian dari seorang sesepuh desa setempat yang sangat dihormati. Kata tersebut berasal dari bahasa Sunda, dimana curug artinya air terjun dan bibijilan artinya bermunculan.

Bahkan air terjun yang berlokasi di Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat ini ada yang melukiskannya dengan 14 tingkat, bukan hanya 7.

Baca juga:  Rekomendasi Destinasi Wisata Sukabumi, Curug Luhur Ciracap yang Masih Perawan

Air terjun yang asri dengan dihiasi pepohonan menghijau ini memiliki aliran air yang cukup deras dan bersih. Di lokasi juga terdapat kolam penampungan yang biasanya dimanfaatkan pengunjung untuk mandi.

Alamat tepat Curug ini berada di Kampung Lebak Nangka, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Lokasi Curug ini tak jauh dari Goa Buniayu. Usai menikmati Goa Buniayu, wisatawan dapat melanjutkan ke Curug Bibijilan.

Adapun Rute menuju Curug Bibijilan jika dari pusat kota Sukabumi akan menempuh waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.

Jika diperhatikan, tingkatan curug yang ke 3 dan ke 5 memiliki karakteristik yang hampir sama, berundak-undak. Airnya mengalir melalui bebatuan besar yang saling bertumpuk seolah tak beraturan sehingga tercipta nuansa unik dan eksotik.

Baca juga:  Daya Tarik Pasir Mantri, Wisata Religi di Tengah Situ Wanayasa

Disini terdapat beberapa kolam penampungan yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berenang. Air kolam tampak berwarna hijau. Terdapat juga beberapa wahana seperti flying fox, tempat berendam, serta wahana outbound lainnya. Menikmati wahana ini harus dikawal oleh profesional setempat.

Kedalaman kolam di Curug Bibijilan beragam. Ada yang dangkal ada pula yang dalam. Ketika berenang pengunjung harus memperhatikan keadaan aliran airnya.

Jika kondisi air sedang deras lebih baik urungkan niat untuk berenang. Hal tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sejuknya udara dan dinginnya air merupakan paduan alam yang bakal membuat fresh pikiran pengunjung.

Baca juga:  Galian Proyek di Sukabumi Menewaskan Tiga Bocah

Untuk tiket masuk ke Curug Bibijilan hanya Rp. 8.000,- , parkir motor cukup Rp. 5.000,- dan parkir mobil hanya Rp. 10.000,-. Disitu ada pemandu wisata alias guide lokal dan banyak warung makanan di sekitar lokasi wisata.

Adapun jam buka wisata Curug Bibijilan, Senin sampai Minggu dibuka mulai pukul 08.00 pagi sampai jam 18.00 wib sore.

Namun, ketika musim hujan tiba lokasi wisata alam ini ditutup untuk para pengunjung, karena aliran airnya akan deras dan membahayakan.

Pos terkait