Salah satu perawatan pohon yang dilakukan Himapilihan Pajampangan. | Foto: Istimewa

Himapilihan Pajampangan Sukabumi Tanam dan Pelihara Pohon di Hutan Panampik

GAYA HIDUP KABUPATEN SUKABUMI

LINGKARPENA.ID – Himpunan Masyarakat Pecinta Lingkungan dan Hutan (Himapilihan) Pajampangan Kabupaten Sukabumi, melakukan kegiatan rutin mingguan pemeliharaan dan penanaman pohon di Hutan Panampik, Sabtu (08/01/2022) kemarin.

Kegiatan rutin itu bertujuan agar hutan terjaga baik dan subur dengan dilakukannya penyulaman tanaman. Selain dilakukan penanaman yang baru juga memelihara pohon yang sudah ditanam.

Menurut Ketua Himapilihan Ridwan Dermawan mengatakan, hutan panampik merupakan berstatus hutan milik dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Perhutani.

Baca juga:  4 Tersangka Pengedar Narkoba di Sukabumi, Terancam Penjara Seumur Hidup

“Kegiatan ini rutin dilakukan Himapilihan setiap seminggu sekali. Kemarin kegiatan kami mulai dari pukul 10:00 WIB hingga sore pukul 16:00 WIB,” terang Ridwan kepada lingkarpena.id.

Menurut Ridwan, kegiatan pemeliharaan dan penanaman rutin ini dilakukan di atas area tanah seluas 15 hektare.

“Jenis pohon yang ditanam merupakan pohon produktif seperti Durian, Petai, Nangka, Mangga, Jambu Kristal dan Sirsak. Untuk pohon kerasnya ada pohon Puspa, Mahoni dan Bambu,” jelasnya.

Baca juga:  13 Santri Tertimpa Longsor di Cisaat Sukabumi, 1 Meninggal Dunia

Ridwan berharap, dengan secara kontinuitas kegiatan ini dapat berdampak baik terhadap kelestarian alam khusus di hutan Panampik ini.

“Upaya ini sebagai penyelamatan alam dan penghijauan hutan Pajampangan. Ya tujuannya guna memberi ruang resapan air di kawasan hutan yang menjadi hulu aliran sungai-sungai di wilayah pajampangan,” tuturnya.

Kegiatan ini terlaksana selain sudah terjadwal dan sudah direncakan dengan kawan-kawan Himapilihan. Kami mengajak warga masyarakat mari cintai dan rawat alam dengan baik agar tumbuh subur.

Baca juga:  Polisi Lidik Dugaan Pungli di Kawasan Wisata Alam Palabuhanratu Sukabumi dengan Dalih Restribusi

“Pendanaan kegiatan ini, Himapilihan menggunakan biaya swadaya dari masing-masing anggota. Ya, itu murni dari swadaya kami dan anggota,” tambahnya.

 

 

 

 

 

Reporter: Lingkarpena.id

Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan