Iyos Somantri: Geopark Run Akan Dijadikan Agenda Tahunan

LINGKARPENA.ID | Perhelatan Akbar Ciletuh Geopark Run 2024 berlangsung meriah, berlokasi di Pantai Palangpang Kecamatan Ciemas, dibuka Bupati Sukabumi H. Marwan Hamammi, Minggu (12/5/2024).

Hadir dalam perhelatan akbar tersebut Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo, Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, Plt. Kepala Dinas Pariwisata, Jujun Juaeni, Ketua Bapenda Hendry Somantri, perwakilan Media Indonesia.

Unsur Forkopimda Kabupaten Sukabumi saat menghadiri Geopark RUN di Pantai Palangpang Ciemas.| Jajang S

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamammi kepada lingkarpena menuturkan, Geopark Run Series 2024 ini diselenggarakan di lima Geopark di Indonesia, salah satunya Geopark Ciletuh.

Baca juga:  Bupati Buka Festival Agrokuliner di Pantai Palangpang Sukabumi, Begini Pesan-pesannya

“Kami sangat bersyukur Geopark Runs 2024 dimulainya dari Ciletuh Pelabuhanratu,” ucap Marwan.

Lebih lanjut kata Marwan, event tersebut diselenggarakan sebagai bentuk semangat pemerintah untuk mempromosikan keindahan alam dan potensi yang dimiliki alam Kabupaten Sukabumi. Melalui kegiatan tersebut, potensi yang dimiliki alam Sukabumi akan semakin dikenal dunia.

“Saya ingin mengajak kepada semua pihak untuk menjadikan acara ini sebagai momentum agar lebih peduli terhadap pariwisata lokal kita,” jelasnya.

Baca juga:  Mahasiswa dari 13 Negara Kunjungi CPUGGP, Wabup: Selamat Datang di Palabuhanratu¬†

Bupati meminta kepada para peserta agar selalu menjaga lingkungan dan menghormati budaya serta tradisi yang ada supaya taman bumi Kabupaten Sukabumi bisa terus lestari. Begitupun masyarakat senantiasa bisa melayani wisatawan dengan senang hati.

“Mari kita wujudkan memuliakan warisan bumi dan mensejahterakan manusia sebagai motto Geopark,” imbuh Marwan.

Sementara Iyos Somantri selaku ketua Badan Pengelola Ciletuh Unesco Global Geopark menuturkan, pihaknya bersinergi dengan Media Indonesia menyelenggarakan Geopark Run Serius salah satu tujuannya adalah menyadarkan masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Barat untuk berwisata ke Geopark Ciletuh.

Baca juga:  Bupati Buka Mini Event Pencak Silat

“Selain kegiatan olahraga, di acara Geopark Run 2024 ini diadakan pula bazar kuliner lokal dan pentas seni budaya baheula, seperti sajian lagu lagu perepet jengkol, paciwit ciwit lutung seperti yang kita dengarkan tadi,” papar Iyos saat wawancara dengan lingkarpena.id.

Lebih lanjut Iyos menjelaskan, kegiatan Geopark Run Series akan dijadikan agenda tahunan.

Pos terkait