Lolos Ke Tahap Berikutnya, DPMPD Sukabumi: Posyandu Mawar Bisa Juara Se Jabar

Sejumlah pengurus Posyandu Mawar saat berfoto bersama dengan pihak DPMD Kabupaten Sukabumi.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Lolos ketahap selanjutnya pada lomba Posyandu Tingkat Jawa Barat Tahun 2023. Posyandu Mawar Desa Cisande Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi dipersiapkan menjadi juara.

Menurut Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi Nuryamin menyampaikan, dirinya bersyukur posyandu Mawar Desa Cisande bisa lolos ketahap selanjutnya. Ada dua tahapan pada lomba posyandu tersebut sesuai dengan petunjuk teknis lomba.

Pertama tahap seleksi administrasi dan keduanya tahap klarifikasi lapangan yang saat ini Kabupaten Sukabumi sudah masuk ke 6 besar katagori kabupaten yang akan diklarifikasi lapangan oleh Provinsi Jawa Barat dari 27 Kabupaten atau Kota se Provinsi Jawa Barat.

Baca juga:  DPMD Kabupaten Sukabumi Monev di Kecamatan Nyalindung, Ini yang Dibahas!

“Alhamdulilah Kabupaten Sukabumi lolos ketahap selanjutnya yaitu penilaian klarifikasi lapangan sesuai dengan Surat Kepala DPMD Provinsi Jawa Barat Nomor : 3578/PMD.03.03/KPPM hal perubahan jadwal klarifikasi lapangan lomba Posyandu,” ungkap Nuryamin kepada Lingkarpena.id, Selasa (25/7/2023).

“Dan sejauh ini persiapannya sedang dalam proses pembinaan dari berbagai lintas sektor serta Dinas terkait sesuai dengan tupoksinya untuk data-data yang sudah dilaporkan pada saat penilaian seleksi administrasi yang dilaksanakan di Bogor oleh Penyelenggara Tingkat Provinsi Jawa Barat,” sambungnya.

Baca juga:  Izin HGU PT Djasulawangi Bakal Diperpanjang, Pemdes Girijaya Gelar Musyawarah dengan Penggarap

Menurut Nuryamin, lolosnya posyandu Mawar Desa Cisande Kecamatan Cicantayan mengikuti lomba sudah masuk dalam kriteria posyandu mandiri dengan persyaratan desanya berstrata desa mandiri dan sasaran harus lebih dari 50 persen.

Dengan capaian tersebut, DPMD Kabupaten Sukabumi tentunya berharap posyandu yang mewakili menjadi juara posyandu tingkat provinsi Jawa Barat sebagai bahan acuan dalam pembinaan dan pengembangan sehingga kedepan bisa dijadikan roll model untuk evaluasi Revitalisasi Posyandu di Kabupaten Sukabumi.

Baca juga:  Posyandu Mawar Kuning Masuk Enam Besar Jawa Barat, Ini Pesan Bupati Sukabumi

“Lomba Posyandu merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh DPMD Provinsi Jawa Barat dengan tujuan meningkatnya peran dan komitmen pemerintah kabupaten dan kota terhadap implementasi revitalisasi posyandu dan posyandu jabar juara di daerahnya. Hal itu merupakan upaya-upaya menyelesaikan masalah sosial di Posyandu, meningkatkan akselerasi untuk mewujudkan capaian sasaran posyandu multifungsi melalui dukungan lintas sektor dan dinas terkait selaku pembina Posyandu,” tandasnya.

Pos terkait