Korban longsor dievakuasi warga dengan menggunakan tandu dari kain Samping. [Foto: Ist]

Longsor di Cicurug Sukabumi Renggut 1 Korban Nyawa dan 4 Luka-Luka

KABUPATEN SUKABUMI PERISTIWA

Lingkarpena.id, SUKABUMI – Bencana longsor di Kampung Pasir Pacar RT 03/02 Desa Kutajaya Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, telan 1 korban jiwa. Peristiwa terjadi pada Minggu 07 November 2021 itu, sekitar pukul 07:00 WIB pagi.

Selain menelan 1 korban meninggal dunia, longsor menyebabkan 1 luka berat dan 3 luka ringan. Bencana longsor disebabkan galian tanah cadas yang labil karena guyuran air hujan di kawasan tersebut cukup deras.

Baca juga:  Angin Kencang di Sukabumi, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga

Korban meninggal dunia diketahui merupakan Sudar, warga kampung Cibuntu. Bencana longsor terdapat di galian tanah cadas milik H. Atang di wilayah desa Kutajaya Cicurug itu.

“Korban meninggal dunia sudah dievakuasi dan langsung dibawa ke rumah duka. Hari ini juga korban sudah ditemukan dengan bantuan warga sekitar,” kata P2BK Cicurug, Dodi Firmansyah, seperti yang dilaporkan Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Minggu (07/11) siang.

Dikatakan Dodi, bencana longsor selain menyebabkan 1 orang korban meninggal dunia, juga terdapat 4 korban luka-luka. Diantaranya Uci alami luka berat (warga Cibuntu) Yanto, Dedi dan Emas masing-masing alami luka ringan.

Baca juga:  Buruh Sampaikan 8 Tuntutan di Mayday Melalu Aksi Humanis

“Korban luka berat dan ringan sudah dilarikan ke Puskesmas untuk mendapatkan penanganan medis,” tambah Petugas penanggulangan bencana kecamatan Cicurug itu.

Selain korban jiwa dan luka-luka, bencana longsor di galian tanah Cadas di kawasan Desa Kutajaya Kecamatan Cicurug tersebut, menyeret 1 unit kendaraan roda empat jenis engkel.

Petugas yang terlibat dalam penanganan bencana longsor galian tanah Cadas antara lain, P2BK, Musika Cicurug, Tagana, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pemdes, Relawan Desa dan Relawan gabungan.

Baca juga:  Kecewa Dengan Surat Pembatalan BBPAT Sukabumi, Program Kelompok Sejahtera Sadaya di Refocusing

“Petugas lakukan asesmen, kaji bencana di lokasi, evakuasi korban dan berikan himbauan kepada masyarakat agar tetap waspada. Untuk sementara galian tanah Cadas ditutup,” terang Dodi.

 

Redaksi: Lingkarpena.id
Sumber: Pusdalops bpbd

1 thought on “Longsor di Cicurug Sukabumi Renggut 1 Korban Nyawa dan 4 Luka-Luka

Tinggalkan Balasan