Museum Prabu Siliwangi jadi Pusat Musda AMIDA Jabar

Museum Prabu Siliwangi Ponpes Al-Fath Kota Sukabumi.| Foto: Aris Wanto

LINGKARPENA.ID | Museum Prabu Siliwangi Pondok Pesantren Modern Dzikir Al-Fath Kota Sukabumi, menjadi tuan rumah pusat musyawarah daerah (Musda ke 4) tingkat Jawa Barat, yang di gelar pada hari Sabtu kemarin , 16 Desember 2023.

Musda ke-4 ini diketahui di ikuti oleh 22 Museum. Diantaranya Museum Prabu Siliwangi Wangi, Pos Indonesia, UPI, Sri Baduga, Gesat, Geologi, Kota Bandung, Biofarma, Menpora, Pembendaharaan, RA Adi Wijaya Garut, Tionghoa, Pegadaian, Kipahare, Bojongkokosan, Bandar Manuk, Prabu Geusan Ulun, MKAA, Balai Kirti, Tanah, Nyamuk dan Galuh.

Baca juga:  Sekda Lepas Kontingen Porpemda XV Jabar di Pendopo Sukabumi

Pada Musda ke empat ini sekaligus pemilihan ketua baru yang biasa dilakukan per lima tahunan dan sekaligus laporan pertanggung jawaban masa jabat Asosiasi Museum Indonesia Daerah (AMIDA).

Ketua terpilih masa jabat 2023-2028 yaitu Erwin Hendarwin. Ia mengantikan kepemimpinan yang sebelumnya oleh Kusnadi Adiwijaya.

Irwan selaku pengurus MPS mengatakan, berharap dengan terpilihnya ketua baru bisa mempasilitasi program setiap museum yang ada di daerah dan bisa menjadi event tahunan.

Baca juga:  Lolos Ke Tahap Berikutnya, DPMPD Sukabumi: Posyandu Mawar Bisa Juara Se Jabar

“Saya berharap hasil dari Musda ini dimana pentingnya mengenalkan setiap peninggalan sejarah mulai dari seni dan budaya juga artepak supaya setiap daerah memiliki identitas untuk dijadikan acuan sejarah,” jelas Irwan kepada Lingkarpena.id Minggu, (17/12/2023).

“Juga pentingnya merumuskan undang-undang tentang Permuseuman dimana ini menjadi parameter perlindungan setiap museum yang berada di daerah khususnya di Indonesia,” pungkas Irwan.

Baca juga:  Hari Perhubungan Nasional 2022 Tingkat Jabar, Diperingati di Lapang Merdeka Kota Sukabumi

Pos terkait