Peringati HUT Ke-61 Yon Armed 13 Nanggala Kostrad, Danyon Armed 13: Terus Laksanakan Tugas Negara dan Bangsa Dengan Baik

Potong Kue di HUT ke 61 Yon Arme 13 dilakukan oleh Letkol Arm Dwi Sutaryo.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Pemperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 61, Yon Armed 13/Nanggala Kostrad, menggelar syukuran bertempat di Batalyon Armed 13, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jumat (07/07/2023).

Diketahui kegiatan acara juga diisi dengan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya, bhakti sosial dan karya bhakti serta perlombaan gerak jalan, lomba antar baterai oraum dan oramil serta lomba persit.

Komandan Batalyon Artileri Medan (Danyon Armed) 13/Nanggala, Letkol Arm Dwi Sutaryo, S.E., M.Han mengatakan, di usia ke 61 Yon Armed 13, tepatnya pada 7 Juli 2023 ini, diharapkan bisa terus melaksanakan tugas dengan baik kepada negara dan bangsa.

“Harapan ke depan, di usia ke 61 ini, kita bisa semakin solid dan profesional dan tentunya mampu terus berkarya untuk masyarakat, terutama masyarakat Sukabumi dan sekitarnya,” Dwi Sutaryo kepada wartawan seusai acara.

Kegiatan yang dihadiri Wakapolres Sukabumi dan jajaranya ini, ia menilai bahwa sinergitas TNI dengan Polri sangat penting. Karena, menurutnya sinergitas batalyon yang tengah dipimpinnya itu, bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, tanpa ada kerjasama yang baik.

“Terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah dengan kepolisian dan intansi yang lainnya. Jadi, intinya apa yang menjadi kebijakan dari pimpinan di daerah maupun di pusat, kita siap dukung demi tercapainya tugas pokok kami,” bebernya.

Baca juga:  Kapolda Jabar Datangi Sukabumi, Ini Alasannya! 

Ia juga mengaku sangat berkesan selama bertugas di Sukabumi. Terlebih lagi, Forkopimda di Sukabumi terlihat sangat rukun dan kompak. Seperti halnya, Bupati Sukabumi selaku yang tertua di Forkopimda, selalu merangkul semua unsur dirangkul sama, dan tidak ada perbedaan.

Sesi foto bersama jajaran Polres Sukabumi.| ist

“Masyarakat Sukabumi sangat menerima, dan ia pun sering menggelar kegiatan sosial bersama warga Sukabumi. Seperti donor darah dan kegiatan sosial lainnya. Ini dinilai sangat positif bagi satuan Batalyon Armed 13 dalam menjalankan tugas dengan baik. Seperti ikan dengan air. Nah, Armed ini ibarat ikan dan masyrakat sebagai airnya. Tanpa ada mereka kita pasti akan mati, tanpa ada dukungan mereka atau masyarakat, tentu kita tidak bisa melaksanakan tugas dengan baik.

Pada HUT ke 61 tahun ini lanjut dia Batalyon Armed 13 mengacu pada ulang tahun resimen yang cukup sederhana. Apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, seluruh Forkopimda dan elemen masyarakat pada datang ke Batalyon Armed 13 dengan menggelar berbagai ragam kegiatan sosial. Namun untuk HUT tahun ini, cukup diselenggarakan secara sederhana.

Baca juga:  Banjir Seret Satu Mobil dan Ancam Enam Rumah di Sukaraja

“Iya, seperti ada karya bhakti dengan masyarakat sekitar dan ini puncaknya. Itu pun hanya internal kita saja. Kemarin dari rekan-rekan menjalin silaturahmi dengan tokoh masyarakat sekitar. Nah, itu bukan acara formal. Makanya kita tidak mengundang intansi yang resmi,” jelasnya.

Masih kata Dwi Sutaryo perihal adanya beberapa anggota Yon Armed 13 yang menjadi juara pekan olahraga pada kegiatan HUT Jadi tahun ini, ia menilai karena TNI ini tidak terlepas dari kegiatan fisik. Untuk itu, mayoritas lomba yang diselenggarakan pun lomba fisik. Ini tentunya untuk mendukung profesional sebagai prajurit. Karena, semuanya baik pertempuran dan apapun basic-nya pasti fisik dulu.

Ketika disinggung mengenai visi dan misi Yon Armed 13 kedepan dalam menghadami tantangan zaman. Ia menjawab, bahwa dirinya mengaku sudah mempunyai visi dan misi. Yakni menjadikan Yon Armed 13 ini, sebagai batalyon yang profesional, adaptif dalam arti mengerti terhadap perkembangan teknologi kedepannya yang semakin canggih.

Baca juga:  Dishub Rilis Tarif Baru Angkutan, Ini Jawaban Ketua Organda Kabupaten Sukabumi

“Iya, senjata meriam sebagai salah satu senjata kita terus berkembang. Seperti contohnya, perang Rusia dan Ukraina yang bermain siapa disana. Nah, kita akan adaptif terhadap perkembangan teknologi canggih yang ada,” ucapnya.

Selain itu, visi dan misi lainnya berkarakter. Karena, prajurit tanpa karakter menurutnya seperti mesin perang tanpa kendali. Untuk itu, ia menekankan kepada seluruh prajuritnya, karakter yang utama. Setelah itu, yang terakhir adalah disiplin. Nah, jadi ke empat hal tersebut mudah-mudahan dapat menjadi pondasi seluruh prajurit kita dapat berkarya dengan baik.” tandasnya.

Ditempat yang sama, Wakapolres Sukabumi Kompol Septa Firmansyah mengatakan, ia sengaja mendatangi Batalyon Armed 13 ini, untuk mewakili Kapolres Sukabumi.

“Kami dari Polres Sukabumi mewakili Pak Kapolres Sukabumi, mengucapkan Dirgahayu ke 61,” ucapnya.

Ia menambahkan, pesan dan kesan untuk menjalin sinergitas, maka Polres Sukabumi khususnya dalam mensukseskan Pemilu 2024, akan bersama-sama dengan TNI agar pemilu-nya lebih sukses lagi.

“Semoga Yon Armed semakin berjaya dan semakin sinergis dengan Polri untuk bersama-sama mempersatukan bangsa. Iya, NKRI harga mati,” pungkasnya.

Pos terkait