Pohon Tumbang Tutup Ruas Jalan Merdeka Cikundul Kota Sukabumi, BPBD Gerak Cepat

FOTO: Pohon ki Besi tumbang di Jalan Merdeka Kelurahan Cikundul Kota Sukabumi, menutup ruas jalan Provinsi.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Sebuah pohon tumbang melintang di ruas Jalan Merdeka, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi, pada Minggu 9 Juni 2024 sore.

Peristiwa tumbangnya pohon terjadi sekitar pukul 17:00 WIB, tepatnya di Jalan Merdeka Rt 01/07 Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu, saat hujan yang disertai angin.

Akibat kejadian tumbangnya pohon tersebut lalulintas sempat mati total. Pohon tumbang melintang menutup ruas jalan sehingga kendaraan roda empat tidak bisa lewat.

Baca juga:  Longsor Sebabkan Rumah Warga di Sukabumi Ambruk

Komandan Regu BPBD Kota Sukabumi Asep munuturkan, pohon yang tumbang merupakan jenis ki Besi. Pohon berukuran panjang sekitar 10 meter diameter 30 centimeter melintang menutup ruas jalan Provinsi.

“Pohon tumbang ini kami prediksi akibat keropos pada akar pohon. Jenis pohon ini namanya Ki Besi,” kata Komandan Regu (Danru) tanggap darurat BPBD Kota Sukabumi, Asep Khoerudin kepada Lingkarpena di lokasi.

Baca juga:  Pohon Tumbang Sebabkan Kemacetan Panjang di Jalur Palabuhanratu Sukabumi

Beruntung saat terjadi pohon tumbang tidak ada korban. Sebab saat pohon tumbang lalulintas dalam keadaan lengang.

Tim BPBD Kota Sukabumi saat evakuasi pohon ki besi di jalan Merdeka Cikundul.| ist

“Kami menerima laporan informasi sekitar pukul 17:28 wib. Saya bersama tim langsung terjun ke lokasi dengan berbekal Dua alat mesin Simso (gergaji mesin),” tambahnya.

Evakuasi pohon berjalan cepat. Dalam waktu 10 menit pohon tersebut selesai di evakuasi oleh Tim BPBD. Lalulintas kembali normal kendaraan dari arah Baros menuju Santiong Lembursitu maupun sebaliknya kembali berjalan normal.

Baca juga:  Heboh! Ular Masuk Rumah Penghuni Perum Cikundul Residen Kota Sukabumi, Petugas BPBD Diterjunkan

Evakuasi pohon tumbang turut disaksikan perwakilan dari Pemerintah Kelurahan Cikunduk juga Ketua RT setempat dan warga masyarakat sekitar.

 

Pos terkait