Sekretaris DPPMD: Pilkades Serentak Kabupaten Sukabumi berjalan Jurdil Adam

Sekretaris DPMD (Dinas Pemberdayaan Desa) Nuryamin | Foto: Ndie

LINGKARPENA.ID | Pelaksanaan Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) serentak Siklus II Gelombang II tahun 2023 di Kabupaten Sukabumi telah selesai, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) sudah menyiapkan tahapan pelantikan bagi para calon yang terpilih.

Namun begitu, kata sekretaris DPMD (Dinas Pemberdayaan Desa) Nuryamin mengatakan, sebanyak 7 persen dari 71 desa dalam pilkades serentak Siklus II gelombang II tahun 2023 tersebut mengajukan pengaduan terkait hasil pemilihan kepala desa.

“Ya ada ketidakpuasan dari beberapa para calon Kades yang tidak terpilih sekitar 7 persen dari 71 desa. Mereka menyampaikan keberatan hasil dari Pilkades itu,” ucap Yamin kepada Lingkarpena.id.

Baca juga:  Sigap, Kapolsek di Sukabumi Selamatkan Balita di Tengah Konser Musik

Lanjut Nuryamin, berdasarkan hasil tinjauan dilapangan, laporan dari para panitia penyelenggara pilkades di masing masing desa, secara keseluruhan pelaksanaan pemilihan sudah berjalan Jujur, Adil, Aman, dan Damai (Jurdil Adam)

“Alhamdulillah berkat doa dan kinerja dari semua pihak,” jelasnya.

Nuryamin juga menjelaskan bahwa proses tahapan selanjutnya adalah jika ada keberatan, pihak pengadu harus menyampaikannya terlebih dahulu kepada panitia pengawas yang ada di tingkat desa, pasalnya peran DPMD dalam hal ini hanya memfasilitasi.

Baca juga:  Sering Down, Pemdes Cibadak Minta Penambahan Tiang Listrik

“Untuk keputusan berada di tangan panitia pengawas,” terangnya.

Masalah yang diadukan oleh para calon kepala desa yang tidak terpilih, kata Nuryamin lagi persoalan uang politik, sumber daya manusia dalam panitia pemilihan kepala desa, netralitas penyelenggara pilkades serta hak pemilih.

“Selanjutnya DPMD akan menentukan teknis penetapan dan pelantikan oleh Bupati, dan waktu pelantikan disesuaikan dengan ketentuan akhir masa jabatan Kepala Desa sebelumnya pada pertengahan November 2023,” paparnya.

Baca juga:  HUT Kemerdekaan, Bupati Sukabumi: Jangan Melupakan Sejarah dan Teladani Perjuangan Para Pahlawan

Sebagai evaluasi, Nuryamin berharap bahwa dengan suksesnya pelaksanaan Pilkades Serentak Siklus II Gelombang II tahun 2023 di Kabupaten Sukabumi ini, pelaksanaan di masa depan akan semakin lebih sukses, aman, dan kondusif.

“Hal ini dapat dicapai dengan peningkatan kompetensi dan pemahaman regulasi serta kedewasaan dalam berdemokrasi dari seluruh peserta dan penyelenggara,” pungkasnya.

Pos terkait