Wabup Iyos, Turut Tanam Perdana Sorgum di Desa Kertajaya Simpenan

Wakil Bupati Iyos Somantri ikut melakukan tanam sorgum perdana di Kecamatan Simpenan.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri, menghadiri acara penanaman Perdana Sorgum Mandiri Agro Solusi Indonesia yang berlangsung di lahan perkebunan Sorgum, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, pada hari Senin (17/7/23).

Sebagai informasi, Sorgum atau garai (Sorghum SPP) adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak, dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai. Sorgum merupakan makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika sub-sahara.

Baca juga:  BIN Pusat Suplai 1000 Dosis Vaksin Jenis Moderna untuk Sukabumi¬†

Presiden direktur PT. Mandiri Agro Solution Indonesia, M. Hendry Sultan Caniago, mengatakan bahwa penanaman sorgum tahap awal ini dilakukan di lahan seluas 50 hektar, dengan target penanaman keseluruhan di lahan seluas 580 hektar.

“Luas tanah yang tersedia adalah 1200 hektar, termasuk 50 hektar penanaman sorgum tahap awal. Jika memungkinkan dan hasilnya bagus, maka akan diperluas lagi,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pangan Nasional RI, Arief Prasetyo Adi, menyebutkan bahwa pertanian sorgum ini akan sangat mendukung ketahanan pangan di Indonesia. Menurutnya, sorgum ini sangat baik bagi ketahanan pangan di Indonesia sehingga bisa menjadi proyek percontohan.

Baca juga:  Harus Diamputasi Tak Punya Biaya, Quinsa Pelajar SMP di Sukabumi Divonis Kanker Tulang

Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri, menyebutkan bahwa penanaman perdana sorgum ini adalah harapan baru bagi para petani di Kecamatan Simpenan, karena dapat merubah taraf kesejahteraan masyarakat di masa depan.

“Pemkab Sukabumi akan bersinergi dan berkolaborasi untuk mendukung keberlangsungan pertanian sorgum ini,” ucapnya.

Dipaparkan oleh Wakil Bupati, Pemkab siap untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan masyarakat untuk memajukan pertanian sorgum, terutama karena produk ini akan diberi label dengan nama Mandiri Cileutuh.

Baca juga:  Upal Triliunan Diamankan Polisi Beserta Penjualnya di Sukabumi

“Ini merupakan salah satu kebanggaan bagi kami dan para petani di sini, sehingga mereka dapat sejahtera,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Iyos mendampingi Kepala Badan Pangan Nasional RI dalam melaksanakan penanaman perdana bibit sorgum serta melakukan peninjauan lokasi tempat penanaman sorgum.**

Pos terkait