Wali Kota dan Wakil Bareng Ribuan Masyarakat, Gelar Shalat Idul Adha di Lapdek

Ribuan warga Kota Sukabumi memadati Lapang Merdeka untuk mengikuti shalat idul adha 1444 hijrah.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami bersama ribuan warga Sukabumi mengikuti Shalat Idul Adha 1444 Hijriah di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, Kamis (29/6/2023).

Dalam momen istimewa tersebut, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyampaikan sambutan yang menekankan hikmah kurban yakni keikhlasan dan semangat untuk berbagi dan peduli pada sesama terutama warga kurang mampu. Bertindak sebagai khatib yakni KH Mukhtar Ubaidilah daĺn imam salat yakni Ustad Amir Ruslan serta hadir pula Wakapolres Sukabumi Kota dan Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada.

“Di saat terbaik ini merenungkan kembali keteladanan agung Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail yang telah teruji keikhlasan, kekuatan hati dan ketaatan mutlak terhadap Allah SWT, Ketika sang ayahanda Nabi Ibrahim mendapatkan perintah untuk mengorbankan putra tercintanya Ismail, inilah contoh abadi yang tercatat dalam sejarah bahwa ketaatan kepada sang khalik adalah ketaaatan mutlak tanpa reserve,” kata Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Di saat bertepatan dengan berkumpulnya di Lapang Merdeka kata Fahmi, nun jauh disana warga yang berada di tanah suci tengah melakukan rangkaian puncak ibadah haji. Marilah doakan semoga mereka diberikan kesehatan, kemudahan, kelancaran, kekuatan serta perlindungan.

Baca juga:  Bupati Sukabumi Shalat Idul Adha di Kecamatan Sukalarang, Begini Isi Pidatonya

Sehingga dapat melaksanakan seluruh rangkaiam ibadah haji dengan baik dan kembali ke tanah air dalam keadaan sehat serta mendapatkan anugerah haji mabrur dan mabruroh. Sejalan dengan hikmah hari raya Idul Adha hari ini sampai tiga hari ke depan momen tepat untuk mengasah keikhlasan dan kepedulian kepada sesama.

”Kami atas nama pemda mengimbau kepada warga memiliki kemampuan untuk dapat melaksanakan sunah kurban berbagi kepada warga sekitar khususnya warga yang kurang mampu, Ia mengucapkan terimakasih kepada warga yang sudah menunaikan kurban terbaiknya di tahun ini,” ungkapnya.

Kurban sebagai wujud rasa syukur atas berbagai nikmat dan kemudahan yang telah Allah berikan di waktu yang telah terlewati baik individu, keluarga maupun konteks bernegara. Sudah sepatutnya pula bersyukur penyelenggaraan pembangunan dalam dalam lima tahun berjalan dengab baik, meskipun hampir 3 tahun lamanya pandemi 2020, 2021 sampai akhir 2022.

Baca juga:  Ribuan Warga Kota Sukabumi Gelar Shalat Idul Adha di Lapang Merdeka

“Banyak prestasi dan apresiasi diberikab kepada Kota Sukabumi, terakhir beberapa pekan lalu prestasi terbaik 1 tingkat nasional sebagai kota dengan perencanaan pembangunan daerah terbaik diserahkan Menteri PPN kepala Bappenas. Sehingga sampai hari ini total penghargaan sebanyak 513 penghargaan yang diterima,” jelasnya.

Rinciannya 287 penghargaan provinsi, 221 penghargaan tingkat nasional, dan 5 tingkat internasional.

Semua penghargaan dan apresiasi ini terang Fahmi, disadari sejatinya hasil komitmen dibangun bersama antara pemerintah dan seluruh warga untuk selalu bersama dan bekerjasama untuk mewujudkan Sukabumi religius, nyaman dan sejahtera.

“Prestasi ini buah kebersamaan senantiasa terjalin dengan baik. Ia meyakini tidak akam merasa cukup dengan apa yang diraih karena akan terus mengukir sejarah meraih prestasi di waktu mendatang dengan kebersamaan yang akan dibangun,” bebernya.

Masih kata Fahmi terkait kondisi bangsa terutama suhu politik jelang pesta demokrasi serentak di 2024 baik pemilihan presiden dan wakil presiden, legistlatif dan kepala daerah. Mari jaga bersama kondusivitas ciptakan kekeluargaan meskipun terjadi beda pilihan dan aspirasi agar pembangunan dapat terus berjalan dengan baik.

Baca juga:  Upacara HUT RI Ke-78, Wali Kota Sukabumi Sampaikan Amanat Presiden Jokowi

”Menghadirkan pesta demokrasi sebagai sebuah prestasi penuh keberkahan dan kebaikan bukan pesta mendatangkan musibah, Menjadi berkah karena jalani dengan saling menghormati,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini, selaku wali kota dan wakil wali kota Andri S Hamami kembali menyampaikan permohonan pamit ini Idul Adha terakhir dalan masa jabatan 2018-2023. Banyak hal yang telah dilakukan sepenuh hati untuk kota, tapi tentu masih ada yang belum djtuntaskan dengan baik karena tiga tahun masa pandemi membuat pembangunan tidak berjalan sesuai perencanaan awal.

Oleh karena kata Fahmi, ia menyampaikan permohonan maaaf kepada selurumuh warga Sukabumi atas kekurangan yang ada. Insya Allah sampai dengan waktu tersisa 20 September 2023 kami akan berupaya sekuat tenaga bersama keluarga besar Pemda Kota Sukabumi menuntaskan berbagai perencanan yang masih tersisa sehingga Sukabumi kita dapat terlihat wajah barunya yang mempesona.

Dukungan seluruh warga jadi kata kunci untuk menuntaskamnya. Kebersamanlah yang membuat kita menjadi hebat dan persatuan yang membuat kita menjadi kuat,” pungkasnya. (*)

Pos terkait