Ratusan Panwaslu Kecamatan Dilantik, Ini Pesan Bupati Sukabumi

FOTO: Pelantikan Ratusan anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Ratusan anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan resmi dilantik. Pelantikan Panwaslu Kecamatan tersebut berlangsung  di Pangrango Resort, Kecamatan Sukabumi, pada Jumat, 24 Mei 2024.

Mereka yang dilantik ini, akan mengawasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Baik itu Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat maupun Bupati/Wakil Bupati Sukabumi.

Prosesi pelantikan yang dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi ini, dihadiri Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami.

Sekadar diketahui, terdapat 141 anggota Panwaslu Kecamatan yang dilantik. Mereka akan bertugas di 47 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi. Di mana, setiap kecamatan terdapat tiga anggota Panwaslu.

Dalam sambutannya, H. Marwan Hamami meyakini para anggota Panwaslu Kecamatan mampu menjalankan tugasnya. Apalagi, mereka yang dilantik hari ini merupakan orang-orang terpilih.

Baca juga:  Muhibah Ramadan Bupati di Sukaraja Sampaikan Program Strategis

“Saudara merupakan orang terpilih. Tiga orang ini penentu keberhasilan pilkada,” ujarnya.

Bahkan, para anggota Panwaslu Kecamatan merupakan ujung tombak pengawasan. Maka dari itu, H. Marwan mengimbau untuk menjaga netralitas dan integritas. Hal itu demi terciptanya Pilkada yang jujur dan adil.

“Keberhasilan Pilkada ini, salah satu halnya menjadi tanggungjawab saudara,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, H. Marwan mengingatkan para pengawas untuk melek teknologi demi terciptanya pengawasan yang lebih menyeluruh.

“Selain pengawasan secara langsung, kita pun harus bisa mengawasi di berbagai media. Jadi, kita juga harus menguasai teknologi,” ungkapnya.

Namun dalam pengawasan, H. Marwan meminta Panwaslu Kecamatan untuk mengedepankan adat ketimuran. Selain itu, melihat kebiasaan yang berlaku di suatu daerah.

Baca juga:  Ini Tiga Prioritas Pembangunan Jembatan Jalan Lingkar Utara Tahun 2024, Kadis PU; Sudah Masuk Site Plant

“Dalam melaksanakan tugas, lihat aturan, etika, dan norma yang berlalu di tempat kalian,” bebernya.

Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat Hj. Nuryamah menambahkan, Panwaslu yang baru dilantik harus sudah siap mengawasi tahapan pemilu. Apalagi, ada sekitar 10 tahapan yabg harus diawasi.

“Kita harus sudah siap mengawasi semua tahapan,” terangnya.

Maka dari itu, dirinya meminta untuk menjaga soliditas. Selain itu, harus bisa bekerjasama berkolaborasi, dan bersinergi. Baik di internal maupun ekternal.

“Tolong jaga soliditas. Apalagi, di depan mata sudah menunggu tanggungjawab yang sangat berat,” tegasnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi Faisal Rifa’i mengatakan, mereka yang dilantik hari ini merupakan orang-orang terpilih. Di mana, mereka telah melalui berbagai tahapan hingga akhirnya terpilih dan dilantik menjadi anggota Panwaslu Kecamatan.

Baca juga:  Asep Japar; Sembilan Tahun Membangun Desa dari Perbatasan

“Sebanyak 12 orang itu, hasil rekrutmen terbuka. Sementara sisanya merupakan anggota Panwaslu Kecamatan saat Pemilu 2024 yang dipilih melalui metoda existing,” bebernya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya menegaskan agar para anggota Panwaslu Kecamatan memegang teguh aturan. Apalagi, mereka yang dilantik telah menandatangani pakta integritas.

“Jadikan aturan sebagai komandan. Harus ingat pakta integritas,” tegasnya.

Maka dari itu, pasca pelantikan ini akan dilaksanakan bimbingan teknis terhadap mereka yang dilantik.

“Kita mengadakan acara hingga 25 Mei. Sebab, nantinya akan dilanjutkan bimtek,” pungkasnya.**

Pos terkait