Sambut World Ocean Day 2024, Satpol Airud Polres Sukabumi Bersih-bersih Sampah di Pantai Muara Citepus

FOTO: Anggota Satpol Airud Polres Sukabumi dibantu warga saat mewadahi sampah di Pantai Citepus Palabuhanratu Sukabumi.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Dalam rangka memperingati World Ocean Day 2024, jajaran Satpol Airud Polres Sukabumi laksanakan kegiatan bersih-bersih sampah di pantai Muara Citepus, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu. Sabtu, 8 Juni 2024.

Kegiatan tersebut, kata Kasatpol Airud Polres Sukabumi AKP Tenda Sukendar merupakan bagian dari upaya membersihkan pantai dan laut dari sampah sesuai arahan dari pimpinan Direktorat Polda Jabar, dan Polres Sukabumi.

“Kami memilih Muara Citepus sebagai lokasi kegiatan ini karena area ini sangat terlihat oleh wisatawan yang berkunjung,” ujar Tenda Sukendar.

Baca juga:  Jelang Hari Juang Kartika, Kodim 0607 Kota Sukabumi Gelar Baksos Donor Darah

“Jika pantai ini kotor, citra kita akan tercoreng. Fokus kami adalah membuat wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata di Palabuhanratu merasa nyaman, aman, dan betah mengunjungi pantai di Kabupaten Sukabumi,” imbuhnya.

Kebanyakan sampah yang ditemukan, kata Tenda berasal dari sampah sampah keluarga dan warung-warung sepanjang bantaran Muara Citepus, yakni yang ditemukan antara lain bekas kelapa, botol bekas minuman, dan berbagai jenis sampah lainnya.

Baca juga:  Safari Santunan Semut Ibrahim Sukabumi

“Kami menurunkan 15 anggota serta melibatkan warga simpati dari berbagai komunitas peduli pantai bersih seperti warga Citepus, Cidahon, dan Muara Citepus,” jelasnya.

Dijelaskan Tenda, pihaknya menyediakan sekitar 50 kantong sampah yang mayoritas terisi dengan sampah-sampah yanh akan dikumpulkan dan menunggu mobil atau kendaraan angkut sampah untuk dibawa ke tempat pembuangan akhir.

“Kami khawatir jika sampah didiamkan di lokasi, arus akan membawanya kembali ke laut,” terangnya.

Baca juga:  Jelang Nataru, Ribuan Botol Miras Dimusnahkan di Polres Sukabumi
Foto bersama Jajaran Anggota Satpol Airud dengan membentang spanduk sebelum aksi.| Istimewa

Di kesempatan ini, Tenda menghimbau kepada masyarakat, khususnya pemilik warung-warung, wisatawan, dan warga sekitar untuk membuang sampah pada tempatnya.

“Setiap warung diharapkan menyediakan tempat sampah masing-masing agar sampah bisa langsung dievakuasi saat ada pengangkutan sampah. Jangan membuang sampah ke pantai,” tegasnya.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan pantai demi kenyamanan bersama dan kelestarian lingkungan,” pungkasnya.

Pos terkait