Sekda Buka In-service Training Jajaran Direksi Bumdesma LKD

Sekda Ade Suryaman saat membuka acara in-training direksi bumdesma.| ist

LINGKARPENA.ID | Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman, membuka in-service training (IST) terhadap jajaran direksi/pengurus Badan Usaha Milik Desa Bersama Lembaga Keuangan Desa (BUMDesma LKD) di Hotel Sukabumi Indah, Rabu, 26 Juli 2023.

Kegiatan yang melibatkan pemateri dari berbagai dinas terkait ini rencananya bakal dilaksanakan selama dua hari, terhitung mulai tanggal 26 hingga 27 Juli 2023.

Berdasarkan data yang dihimpun, kegiatan ini melibatkan sekitar 90 orang. Mereka merupakan jajaran direksi/pengurus dari 31 BUMDesma LKD yang mengikuti kegiatan tersebut.

Baca juga:  LSM Kamijo Sukabumi, Soroti Pembangunan Tambal Sulam Jalan Mangkalaya, Dinas PU Diminta Cek Lokasi

Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman, mengatakan kegiatan ini harus dijadikan momen penting bagi semua pihak, terutama bagi jajaran direksi BUMDesma dalam meningkatkan kompetensi dan pengalaman.

“Serap semua materi yang disampaikan pemateri sehingga hasilnya bisa diaplikasikan di BUMDesma LKD masing-masing,” ujarnya.

Bila perlu, setiap pemateri dicecar berbagai pertanyaan untuk mendapatkan ilmu yang lebih dalam lagi. Apalagi, hasil akhir dari kegiatan ini untuk membantu pemerintah dalam menyejahterakan rakyat.

“Manfaatkan kesempatan ini untuk mencecar pertanyaan kepada para pemateri sehingga semuanya bisa memahami,” ucapnya.

Baca juga:  Menutup Pelatihan Merangkai Bunga, Kalapas Kelas IIB Sukabumi: Semoga WBP Mendapat Ilmu dan Bermanfaat

Bahkan, Sekda meyakini usaha yang dijalani akan semakin berkembang pasca kegiatan ini. Apalagi, semua unsur dilibatkan dalam pengembangan peluang usaha, baik dari sisi UMKN, pertanian, peternakan, dan lainnya.

“Sekarang saja sudah berkembang. Pasca kegiatan ini, yakin bisa semakin maju,” ungkapnya.

Namun, dirinya berpesan agar jajaran direksi atau pengelola BUMDesma LKD menjaga integritas dan kejujuran, sebab itu akan berdampak terhadap kemajuan BUMDesma LKD.

“Demi kemajuan bersama, tolong utamakan integritas dan kejujuran,” bebernya.

Baca juga:  Muskorkab Ke-VII Koni Kabupaten Sukabumi, Bupati Marwan: Pengurus Koni Terpilih Tantangan Kedepan Lebih Berat

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Gun Gun Gunardi, menambahkan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu momentum dalam penguatan BUMDesma LKD, terutama dari sisi peningkatan profesionalitas, kreativitas, dan inovasi.

“Titik akhirnya mampu menyejahterakan masyarakat,” terangnya.

Apalagi di dalam kegiatan tersebut, kompetensi personel BUMDesma LKD ditingkatkan, terutama dari sisi pengembangan usaha.

“Jadi dalam kegiatan ini untuk mengembangkan jiwa kewirasusahaan dan kemampuan peserta, termasuk dalam menyusun perencanaan dengan baik,” pungkasnya.*

Pos terkait