Wadir Binmas Polda Jabar saat meninjau Pos satuan kemanan di wilayah Polres Sukabumi Kota. | Foto: Istimewa

Wadir Binmas Polda Jabar Lakukan Tinjau dan Cek Pos Satuan Keamanan Lingkungan Polres Sukabumi Kota

KOTA SUKABUMI

LINGKARPENA.ID – Wakil Direktur Binmas Polda Jabar AKBP Mohammad Rois, beserta team didampingi Kasat Binmas Polres Sukabumi Kota AKP Iman Retno dan Kapolsek Cisaat Kompol Rusmadi dan Forkopincam Cisaat melakukan pengontrolan pengecekan perlombaan Satkamling (Satuan Keamanan Lingkungan). Kegiatan dipusatkan di Desa Cibatu Kecamatan Cisaat sebagai perwakilan dari Polres Sukabumi Kota.

“Hari ini saya melaksanakan kegiatan penilaian Satkamling (Satuan Keamanan Lingkungan) di Desa Cibatu Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat sejauh mana Satkamling yang telah dibentuk di desa Cibatu termasuk juga pelaksanaan tugas – tugasnya,” ujar AKBP Muhammad Rois, Kamis 18 Nopember 2021 di Cisaat.

Baca juga:  Pembobol Rumah Warga yang Bawa Kabur Mobil Brio Dibekuk Polisi Terancam 7 Tahun Penjara

Lanjut Rois, diketahui dalam perpol nomor 4 tahun 2020 tentang Pam Swakarsa, “Satkamling merupakan salah satu bagian dari pam swakarsa yang menyelenggarakan fungsi kepolisian terbatas,” tambahnya kepada media.

Ia berharap dengan terbentuknya satkamling-satkamling yang ada di desa maupun di RW ini bisa menjadi kepanjangan tangan dari Kepolisian Republik Indonesia. Hal itu tentu dalam menciptakan keamanan dan ketertiban lingkungan di masyarakat.

Baca juga:  Setukpa Lemdiklat Polri Bagikan 1000 Paket Sembako di Sukabumi

“Keberadaan Satkamling ini tentu saja membutuhkan legalitas dimana penunjukan personil maupun yang mengawakinya sesuai perpol nomor 4 tahun 2020,” ucapnya.

Ketua team penilai menjelaskan, aspek yang dinilai dalam kegiatan tersebut meliputi kebersihan dan mencakup lingkungan pos kamling maupun area pos kamlingnya. Pos kamling mencakup dari bentuk bangunan, peralatan serta sarana pendukung pos kamling itu sendiri.

“Status bangunan Pos kamling maupun tanah harus jelas kedudukannya serta kelengkapan fasilitas petugas dan Pos kamling,” bebernya.

Baca juga:  Antisipasi Tawuran Pelajar, Patroli Bubarkan Kerumunan Pelajar di Kota Sukabumi 

Hal senada dikatakan Kasat Binmas AKP Iman Retno, kegiatan tersebut selain di lombakan setiap tahun juga sebagai upaya kontrol dari pembina. Fungsi ini khususnya Sat Binmas Polres Sukabumi Kota untuk mengetahui kesiapan petugas Satkamling dalam melaksanakan tugasnya.

“Mari manfaatkan Satkamling ini untuk kepentingan bersama untuk menjaga keamanan. Peran dari seluruh warga masyarakat sangat diharapkan, sehingga akan terlihat ada kekompakan dan kebersamaan dalam menjaga keamanan,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan