Longsor di Parakansalak Satu Rumah Terancam

Longsor di Parakansalak Kabupaten Sukabumi satu keluarga diungsikan, Sabtu (17/9/22).| Foto: P2BK

LINGKARPENA.ID | Bencana longsor kembali terjadi di Kecamatan Parakansalak Kabupaten Sukabumi, Sabtu 17 September 2022. Peristiwa longsor terjadi sekira pukul 03.15 wib.

Bedasarkanlaporan petugas penanggulangan bencana kecamatan (P2BK) Jujun Juaeni, melalui Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana PB BPBD Kabupaten Sukabumi, bencana terjadi di Kampung Lembursawah, RT 05/02 Desa Sukakersa, Kecamatan Parakansalak.

Baca juga:  Longsor Timpa Rumah Warga di Kabandungan

Longsor disebabkan akibat curah hujan yang deras dan cukup lama di kawasan tersebut sehingga tanah dengan ukuran panjang 10 meter dan lebar 1,5 meter dari ketinggian 4 meter menimpa rumah warga.

“Satu rumah dengan 3 jiwa terdampak akibat Tanggul Penahan Tanah TPT jalan ini longsor. Keluarga sudah diungsikan ke tempat yang aman,” ujar Jujun dalam keterang tertulisnya yang diterima awak media, Sabtu (17/9/22) malam.

Baca juga:  Pria Tewas Tertimpa Longsor di Sukabumi

Lanjutnya, selain rumah warga yang terdampak longsor fasilitas umum lainnya seperti saluran tertutup material longsoran. P2BK segera melakukan koordinasi dengan Forkopimcam serta pemerintah desa setempat.

“Untuk material longsoran belum dievakuasi karena waktu. Kerugian atas bencana ini berdasarkan tafsiran mencapai Rp 8 juta (Delapan juta rupiah),” tambahnya.

Petugas setelah melakukan asesmen dan pendataan di lokasi juga turut menghimbau warga setempat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap segala bentuk bencana.

Baca juga:  Pergerakan Tanah di Purabaya, Satu KK Mengugsi

Pos terkait